5 Makanan Tinggi Asam Folat Untuk Mencegah Cacat Janin

By Gisela Niken, Rabu, 1 Juni 2016 | 23:00 WIB
5 Makanan Tinggi Asam Folat Untuk Mencegah Cacat Janin (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Asam folat menjadi zat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Vitamin B yang penting ini membantu menjaga sel-sel yang sehat sehingga bisa memberikan oksigen dengan lancar ke janin. Oleh karena itu, asam folat dapat mencegah terjadinya cacat janin. Berikut beberapa makanan yang mengandung asam folat  dan perlu Mama konsumsi selama kehamilan.Baca juga: Asam folat cegah cacat otak pada janin1.AlpukatDalam setengah alpukat, buah ini menyediakan 120 mcg folat. Alpukat juga mengandung lemak sehat, serat dan Vitamin E. Mama jadi lebih berenergi dengan bantuan alpukat. Buah ini juga cocok untuk Mama yang sedang hamil dan menjaga agar berat badan tidak naik. Kandungan lemak sehat dalam alpukat memberikan energi tanpa kalori yang berlebihan. Membuat jus alpukat di siang hari atau sore hari menjadi pilihan tepat untuk Mama yang sedang hamil.

2.BayamBerbagai sayuran hijau memang dikenal mengandung asam folat yang tinggi. Bayam menjadi salah satu daftar sayuran hijau yang perlu Mama konsumsi. Ada banyak cara untuk mengonsumsi bayam. Semakin sedikit waktu dan proses mengolahnya, semakin tinggi asam folat yang Mama dapatkan. Selain menjadi sayur bening, Mama bisa menjadikan sayur bayam dan sayuran hijau lainnya sebagai lalapan saja. Sehingga, proses yang dibutuhkan hanya direbus sesaat.Baca juga: Asam folat sebaiknya dikonsumsi sebelum ibu hamil

3.BrokoliSatu tangkai brokoli dapat memberikan 40 mcg asam folat. Tahukah Mama bahwa folat brokoli ada pada batangnya. Untuk itu, jangan membuang batang brokoli. Mama perlu mengupas bagian luar yang keras kemudian bisa diiris tipis dan dicampurkan dengan sayuran atau hanya direbus. Sama seperti bayam, semakin sedikit waktu dan proses pengolahan kandungan asam folat juga semakin tinggi.

4.JerukSatu buah jeruk besar memberikan 50 mcg folat. Jeruk menjadi buah yang mudah ditemukan. Selain itu, Mama bisa mengonsumsi jeruk di mana saja. Jeruk yang mudah dikupas dan dimakan membuat jeruk bisa jadi pilihan tepat untuk camilan sehari-hari. Mengonsumsi jeruk juga bisa dicampur dengan air dingin atau air putih. Menambah irisan jeruk segar mengurangi rasa gerah pada ibu hamil.Baca juga: Konsumsi asam folat, seberapa pentingkah?

5.AsparagusMakanan yang mengandung asam folat ini masuk ke dalam daftar sayuran tinggi folat. Empat batang kecil asparagus mengandung 89 mcg folat. Sebelum memasak asparagus, ada baiknya mengupas bagian luar asparagus yang keras. Jika mau merebusnya saja, berikan perasan air lemon segar untuk memberikan rasa pada asparagus. Namun, sayuran ini lebih sering dibuat sup krim yang lezat.(Niken/What To Expect)