Amankah Ibu Hamil Makan Pedas?

By Gisela Niken, Kamis, 26 Mei 2016 | 04:00 WIB
Amankah Ibu Hamil Makan Pedas? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil banyak hal yang sangat dijaga termasuk makanan. Apa yang dimakan oleh Mama dapat berpengaruh pada janin. Salah satu makanan yang dijaga adalah makanan pedas. Banyak orang termasuk orang Indonesia yang senang dengan makanan pedas. Lalu, apakah aman ketika ibu hamil makan pedas.Baca juga: Kapan makanan pedas harus dihindari ibu hamil?

Secara umum, rempah-rempah memang tidak berpengaruh pada janin. Sama seperti efek makanan pedas pada perut normal. Makanan pedas dapat membuat masalah pencernaan. Sehingga, tidak ada masalah dengan makanan pedas untuk ibu hamil asalkan Mama mampu menangani dampak dari makanan pedas tersebut. Namun, untuk beberapa orang ada efek lainnya ketika mengonsumsi makanan pedas.

Makanan pedas dapat membuat Mama jadi lebih mual. Indera penciuman yang jadi lebih sensitif membuat Mama lebih mual ketika mencium aroma makanan pedas yang kaya rempah-rempah. Sementara, hal ini juga tidak berpengaruh pada janin. Ada yang mengatakan bahwa makanan pedas dapat membuat kelahiran prematur. Padahal, makanan pedas tidak membuat kelahiran prematur ataupun keguguran.Baca juga: Ini alasan Mama menyusui jangan makan pedas

Namun, ada baiknya Mama memerhatikan tanda-tanda buruk setelah makan pedas setelah hamil. Jangan lanjutkan makan pedas jika Mama mengalami gangguan pencernaan. Jika tetap ingin makan karena alasan ngidam, cobalah mengurangi takaran pedas. Gangguan pencernaan akan membuat kehamilan Mama tidak nyaman. Intinya, jangan sampai makanan pedas justru membuat Mama tidak merasa nyaman.Baca juga: Efek makanan pedas untuk ibu hamil

Meskipun tak ada masalah dengan ibu hamil makan pedas, Mama tetap harus memerhatikan bahan makanan yang dikonsumsi dengan cita rasa pedas. Hindari mengonsumsi daging, telur dan makanan laut yang mentah. Makanan mentah dapat mengandung merkuri dan dapat menyebabkan cacat pada janin.(Niken/New Kids Center)