6 Penyebab Ibu Hamil Cepat Lelah

By Dini, Kamis, 26 Mei 2016 | 04:47 WIB
6 Penyebab Ibu Hamil Cepat Lelah (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Menjelang persalinan, Mama biasanya akan merasa tubuh begitu cepat lelah. Berita baiknya, ibu hamil di seluruh dunia akan merasakan kelelahan yang sama. Apa sih penyebab ibu hamil cepat merasa lelah?

Harus menggendong janin. Di trimester akhir ini, Mama harus “menggendong” janin yang semakin lama semakin bertambah berat. Ini belum termasuk berat badan Mama yang juga terus bertambah.

Jatah makanan terserap. Karena kandungan yang makin besar, “jatah makanan” dan energi Mama banyak terambil oleh si calon bayi. Karena itulah, Mama perlu menikmati makanan dengan porsi sedikit tapi lebih sering sehingga asupan energi Mama selalu terjaga.

Janin menekan paru-paru. Membesarnya janin otomatis akan menekan ruang gerak paru-paru sehingga Mama tidak leluasa bernapas dan membutuhkan tenaga ekstra untuk bernapas.

Sering berkemih. Desakan janin yang makin besar terhadap kandung kemih menyebabkan Mama jadi sering bolak-balik ke toilet untuk berkemih. Hal ini tentu melelahkan.

Harus kontrol. Di trimester 3 ini Mama harus lebih sering kontrol ke dokter. Selain menyita waktu, ini juga tentu melelahkan, apalagi di kota besar lalu lintas hampir selalu macet. Pada saat kontrol pun, Mama terkadang harus menunggu panjangnya antrean dokter.

Sulit tidur nyenyak acap kali dirasakan oleh Mama di trimester ini karena perut sudah membesar dan napas berat saat berbaring. Karena kurang tidur, esok harinya Mama menjadi mudah lelah.

Nah, tak perlu heran sekarang mengapa ibu hamil cepat merasa lelah. Semuanya ternyata bersumber dari kehamilan itu sendiri, Mam!

(Gazali Solahuddin)