Ini Daftar Makanan Bergizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

By Gisela Niken, Kamis, 26 Mei 2016 | 01:15 WIB
Ini Daftar Makanan Bergizi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Nutrisi menjadi hal yang penting bagi perkembangan janin. Mama yang hamil juga harus mengonsumsi 300 kalori lebih banyak per hari dari sebelum hamil. Namun, jumlah tersebut bukanlah asal menambah kalori. Makanan yang bergizi dan penting untuk janin sangat diperlukan. Berikut daftar makanan yang dibutuhkan ibu hamil agar punya janin yang sehat dan kehamilan bebas dari masalah kesehatan.Baca juga: Makanan sehat cegah kelahiran prematur

Pertama-tama, Mama perlu memilih makanan yang tinggi serat seperti roti gandu, nasi, buah dan sayuran. Setiap hari cobalah mengonsumsi 6 hingga 11 porsi makanan serat, 2 hingga 4 porsi buah, 4 porsi sayuran, 4 porsi produk susu, dan 3 porsi sumber protein seperti daging dan ikan. Kombinasikan dengan makanan berat dan ringan.

Porsi yang cukup tersebut akan membuat Mama mencukupi asupan vitamin dan mineral. Mama juga bisa mengonsumsi vitamin dan mineral. Hal ini akan membuat Mama mendapatkan vitamin dan mineral yang konsisten setiap hari. Kalsium juga menjadi zat penting sebab Mama akan menahan berat yang lebih banyak. Pastikan Mama mendapatkan 1.000 hingga 1.3000 mg kalsium yang setara dengan 4 porsi produk susu.Baca juga: Makanan yang dimakan saat hamil akan jadi makanan kesukaan anak, benarkah?

Zat besi juga menjadi makanan yang Mama perlukan. Mama bisa mendapatkannya dari daging, bayam dan kacang-kacangan. Masukkan makanan kaya zat besi pada setiap lauk Mama. Saat Mama sedang hamil, Mama juga memerlukan yodium untuk memastikan perkembangan otak dan saraf janin. Pilihlah makanan dengan olahan produk susu seperti susu,  keju dan yogurt. Makanan laut seperti salom dan udang juga perlu dikonsumsi.

Pilihlah buah dan sayur yang mengandung vitamin C seperti jeruk, melon, brokoli, kembang kol hingga paprika. Vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan Mama dan janin dengan mengonsusi 70 mg vitamin C per hari. Mama juga bisa mencegah cacat janin dengan mengonsumsi asam folat. Asam folat berasal dari sayuran hijau, daging sami serta kacang-kacangan. Mama yang sedang hamil membutuhkan 0,4 mg asam folat per hari.Baca juga: Ingin hamil? Hindari 4 makanan dan minuman ini

Beberapa daftar makanan yang dibutuhkan ibu hamil tersebut sangat perlu Mama perhatikan. Menambah porsi makan sangat penting, namun kandungan gizinya yang harus lebih diperhatikan. Jangan sampai porsi makanan yang masuk hanya menambah kalori sehingga membuat Mama malah mengalami kenaikan berat badan.(Niken/Web MD)