4 Hal yang Bikin Mama Menikmati Kehamilan di Trimester Kedua

By Dini, Rabu, 25 Mei 2016 | 05:55 WIB
4 Hal yang Bikin Mama Menikmati Kehamilan di Trimester Kedua (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Meskipun kehamilan ini diinginkan, menjalani trimester pertama kehamilan tentu akan cukup menguras tenaga Mama. Mual-muntah pada pagi hari, nyeri pada payudara, selera makan berkurang, jadi sering buang air kecil, punggung bawah terasa nyeri, dan lain sebagainya.

Kondisi ini akan berangsur-angsur membaik begitu memasuki trimester kedua. Selain selera makan mulai membaik karena berkurangnya rasa mual, ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan lagi. Apa saja hal menyenangkan yang boleh dilakukan di trimester kedua?

Boleh naik pesawatMau bepergian jauh dengan naik pesawat padahal sedang hamil? Nah, mulai trimester kedua ini, kita boleh melakukannya. Kenapa? Karena di kehamilan trimester kedua, biasanya morning sickness sudah berlalu, sehingga kita jadi lebih nyaman. Kondisi kita pun lebih bugar karena sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormon dan bentuk tubuh. Tentu dengan catatan: kehamilan kita sehat, tidak ada keluhan atau komplikasi, dan sebelumnya telah berkonsultasi ke dokter.

Biasanya, maskapai penerbangan juga punya kebijakan terhadap ibu hamil yang ingin naik pesawat. Bawalah surat dokter dan riwayat kehamilan yang menyatakan kehamilan sehat dan aman naik pesawat. Mintalah tempat duduk di sisi lorong pesawat sehingga mudah pergi ke toilet, berdiri, meluruskan kaki, atau menggerak-gerakkan badan.

Namun setelah masuk trimester tiga, baiknya tidak menggunakan pesawat ya, Mam. Selain kandungan sudah semakin membesar, kita pun biasanya mudah lelah. Belum lagi dengan kontraksi yang mungkin saja terjadi tiba-tiba.

Gairah Seks MeningkatDi awal kehamilan, gairah seks Mama hamil biasanya turun. Sebab, di trimester pertama, bumil kerap mengalami masalah mual-muntah, selain juga hormon estrogen sedang mengalami penyesuaian. Nah, masuk di bulan ke-4 atau trimester kedua, gairah seks Mama meningkat.

Berdasarkan penelitian, di trimester ini, ibu hamil lebih banyak menghasilkan hormon estrogen. Kata penelitian tersebut, hormon estrogen ini setara dengan estrogen dari perempuan tidak hamil selama tiga tahun. Hormon inilah yang meningkatkan gairah Mama hamil untuk berintim-intim dan mengalami orgasme berulang kali.

Selain itu, di trimester kedua ini, ibu hamil juga mulai terbiasa dengan perubahan tubuh, mual-muntah mereda, pusing hilang, sehingga merasakan tubuhnya lebih bugar.

Selera makan membaikKebanyakan ibu hamil sudah tak lagi merasakan mual-muntah pada pagi hari, sehingga saat makan jadi lebih menyenangkan. Bayi yang semakin membesar dan membutuhkan nutrisi juga menyebabkan Mama jadi cepat lapar. Hati-hati ya, Mam, jangan sampai Mama makan berlebihan. Nikmati makanan seperti biasa, dan perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan berlemak dan mengandung gula yang tinggi agar berat badan tetap terjaga.

Boleh berolahraga lagiMeski sedang hamil, kita harus tetap berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran. Tentu pilihan olahraganya yang aman dan bermanfaat bagi ibu dan janin. Misalnya, olahraga ringan, tidak menggunakan beban berat, tidak melakukan olahraga dengan gerakan cepat, dan lainnya. Yang umum disarankan adalah berjalan santai dan berenang.

Selain itu, mulai trimester kedua ini pilih juga olahraga yang tidak menuntut kita berposisi telentang. Sebab, dikhawatirkan posisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah utama tertekan sehingga mengganggu aliran darah ke janin. Jika aliran darah ini terganggu, juga akan mengganggu suplai makanan dan oksigen. Kalau sudah begitu, dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan janin.

Itulah beberapa hal yang boleh dilakukan di trimester kedua. Sabar ya, Mam, di trimester kedua ini Mama pasti bisa menikmati kehamilan Mama.

(Irfan Hasuki)