Tolong Mulai Sekarang Semua Ibu Rumah Tangga Stop Beli Gas Elpiji 3 Kg Jika Ada Tiga Tanda Seperti Ini, Ahli Sudah Peringatkan Bahayanya

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 29 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Jangan beli gas elpiji 3 kg jika ada tiga tanda seperti ini (Dok. Kompas.com)

Nakita.id - Memasak dengan gas elpiji nampaknya sudah biasa di kalangan rumah tangga.

Jadi, kegiatan membeli gas elpiji 3 kg adalah kegiatan yang lumrah dilakukan Moms.

Tapi, nampaknya tahun depan Moms tidak bisa membeli gas elpiji 3 kg secara eceran di warung.

Pasalnya, pemerintah akan memulai reformasi subsidi energi dari berbasis komoditas menjadi berbasis orang pada tahun 2022.

Melansir Kompas.com, tahun 2022 mendatang, penyaluran subsidi berbasis orang dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan banyak aspek, khususnya kondisi ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Persiapan Mulai Sekarang Ya! Seperti Ini Cara Daftar Kartu Sembako Agar Bisa Beli Gas Elpiji 3 Kg Pada Tahun 2022

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu mengatakan, subsidi akan lebih tepat sasaran dan diterima oleh 40 persen masyarakat termiskin.

"Jadi, kalau ada belanja yang tidak baik, tidak efektif, misalnya perlinsos kita nyasarnya 40 persen termiskin.

Kalau ada program subsidi yang banyak dinikmati oleh bukan yang 40 persen termiskin, itu harus di-reform," jelas Febrio.

Lantaran harganya yang murah, tak jarang muncul pedagang nakal yang memanfaatkan menjual tabung gas 3 kg yang tidak aman.

Karenanya, wajib waspada saat akan membeli tabung gas 3 kg agar tak menjadi ancaman bagi keselamatan seisi penghuni rumah.