Tips Membuat Rambut Tetap Wangi Seharian Tanpa Harus Pergi ke Salon

By Fathia Yasmine, Jumat, 29 Oktober 2021 | 18:39 WIB
Ilustrasi rambut wangi (Dok. Shutterstock)

Nakita.idRambut yang sehat, indah, wangi merupakan dambaan seluruh wanita. Selain mendongkrak kepercayaan diri, rambut yang indah pun menandakan bahwa Moms merupakan orang yang peduli akan kebersihan diri.

Ada banyak cara yang bisa  dilakukan untuk membuat rambut yang sehat dan indah, tetapi lain halnya dengan mendapatkan rambut yang wangi. Faktor eksternal seperti aktivitas di luar ruangan, asap kendaraan, hingga masalah keringat tidak jarang membuat rambut jadi berbau tidak sedap.

Ketika mengalami permasalahan rambut, umumnya seseorang akan memilih perawatan di salon sebagai solusi. Perawatan yang dilakukan pun beragam, mulai dari creambath, hair spa, hingga cuci rambut di salon rela dilakukan agar rambut wangi dalam sekejap.

Padahal, memiliki rambut wangi tidak melulu harus pergi ke salon, lho Moms. Alih-alih mengeluarkan banyak biaya, rambut wangi bisa didapatkan dengan perawatan rumahan, salah satunya dengan menggunakan produk pasaran dan bahan makanan yang ada di rumah. Apa saja?

 Baca Juga: Tolong Mulai Sekarang Semua Ibu Rumah Tangga Stop Beli Gas Elpiji 3 Kg Jika Ada Tiga Tanda Seperti Ini, Ahli Sudah Peringatkan Bahayanya

 1. Gunakan Kantong Teh

Untuk membuat rambut wangi seharian, Moms dapat menggunakan daun teh yang ada di dalam  kantong teh kemasan. Sebab, daun teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, salah satunya untuk mencegah bau tidak sedap.

Untuk membuat rambut lebih wangi, Moms hanya perlu merendam satu buah kantong teh ke dalam panci berisi air panas. Setelah mendidih, matikan api dan diamkan air rendaman tersebut selama 15 menit.

Setelah itu, gunakan air rendaman kantong teh untuk membilas rambut setelah menggunakan shampo. Diamkan sebentar, lalu bilas kembali rambut dengan air hingga bersih.

 2. Oleskan ekstrak jus tomat

Selain teh, bahan alami lain yang bisa digunakan adalah tomat. Namun, tomat yang digunakan harus diblender atau dihancurkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca Juga: Coba Iseng Keramas Pakai Air Kelapa Muda Selama 15 Menit, Moms Dijamin Bakal Ketagihan Rasakan Manfaatnya pada Rambut

Ketika tomat sudah memiliki tekstur yang lembut seperti bubur, Moms dapat membalurkan adonan tomat tersebut ke kulit kepala serta batang rambut.  Biarkan sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat, Moms bisa menggunakan metode ini sesering mungkin agar mendapat hasil maksimal.