Hidup Jadi Sehat dan Tak Mudah Sakit-sakitan Setelah Rutin Minum Seduhan Kunyit Mentah di Pagi Hari, Ternyata Kandungan Kunyit Ini Bisa Berikan Efek Luar Biasa ke Tubuh

By Kirana Riyantika, Rabu, 10 November 2021 | 08:30 WIB
Manfaat minum seduhan kunyit mentah bisa buat tubuh sehat bugar tak mudah sakit-sakitan (Pixabay.com/ Karenski1)

Nakita.id - Kunyit jadi salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk mengolah masakan khas nusantara.

Tak hanya membuat masakan menjadi lezat, kunyit juga sudah diyakini bertahun-tahun memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan.

Melansir Indian Express, khasiat kunyit tak main-main.

Hal ini diungkapkan oleh ahli gizi bernama Nikhil Chaudary.

Baca Juga: BERITA POPULER: Rumah Bebas Tikus Tanpa Perangkap dan Racun Modalnya Cuma Daun Pandan hingga Wajah Penuh Kerutan Kembali Mulus Hanya dengan Memakai Racikan Kunyit Ini

"Kunyit adalah ramuan kuat dengan lebih dari 300 nutrisi termasuk beta-karoten, asam askorbat (vitamin C), kalsium, flavonoid, serat, zat besi, niasin, kalium, dan seng," ujar Nikhil Chaudary.

Namun, para ilmuwan menyoroti kemampuan kurkumin yang terkandung dalam kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri pada kunyit ini bisa membantu melawan peradangan dan bakteri.

"Penyerapan kurkumin dari kunyit ditingkatkan 2000 kali lipat dengan merica, senyawa yang ada dalam lada hitam. Entah bagaimana nenek moyang kita tampaknya telah memecahkan pengetahuan ini karena semua resep kita memiliki kombinasi kunyit dan lada hitam,"imbuh Nikhil Chaudary.