Terpantau Ada Bibit Siklon Tropis, BMKG Langsung Bunyikan Alarm Tanda Bahaya, Senin 22 November 2021 Cuaca Ekstrem Bakal Melanda Sederet Wilayah Ini

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 21 November 2021 | 17:21 WIB
Berikut daftar wilayah yang diprediksi BMKG mengalami cuaca ektrem (Pexels.com)

Nakita.id - Awas BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Moms dan Dads yang akan melakukan kegiatan di luar rumah pada Senin (22/11).

BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu badan yang memang disiapkan untuk memberikan laporan cuaca setiap hari.

Bila ada cuaca ekstrem, BMKG langsung menyebarluaskan kepada masyarakat.

Sama seperti sekarang ini, BMKG beri peringatan adanya cuaca ekstrem di Indonesia agar semuanya bersiap-siap menghadapinya.

Baca Juga: Alarm Peringatan Dini dari BMKG Berbunyi, Minggu 21 November 2021 Sederet Wilayah Sabang Sampai Merauke Dihimbau Waspada Hadapi Cuaca Ekstrem, Mana Saja?

Mengutip dari web.meteo.bmkg.go.id, bibit Siklon Tropis 90S terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 20 knot dan tekanan terendah 1000 mb yang bergerak ke arah tenggara hingga selatan.

Sistem ini memiliki potensi yang rendah hingga sedang untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan.

Sistem ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari selatan Banten hingga Samudra Hindia selatan Jawa Tengah yang mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Karena hal inilah curah hujan di Indonesia semakin hari semakin tinggi bahkan semakin intens saja.