Hanya Vaksin Sinovac yang Aman untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Tapi Ada Anak dengan Penyakit yang Tidak Bisa Vaksin Covid, Siapa Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 24 November 2021 | 08:49 WIB
Berikut daftar anak dengan penyakit yang tidak bisa vaksin covid (Freepik)

Nakita.id - Meski saat ini anak usia 6-11 tahun boleh mendapatkan suntik vaksin Covid-19, tapi ada anak dengan penyakit yang tidak bisa vaksin covid.

BPOM sudah memberikan izin pemberian vaksin untuk anak usia 6-11 tahun.

Tujuannya sama, yaitu agar anak-anak terhindar dari virus corona.

Tak bisa dipungkiri, kasus anak terpapar virus corona juga banyak.

Baca Juga: Tolong Catat! Tidak Semua Bisa Ikut Program Vaksinasi Pemerintah, Inilah Daftar Orang-orang dengan Riwayat Penyakit yang Tidak Bisa Vaksin Covid

Apalagi saat awal pembelajaran tatap muka (PTM) dibuka, ada beberapa sekolah yang harus terpaksa menutup sekolahnya kembali karena murid-muridnya terpapar virus corona.

Tapi bukan karena banyaknya kasus anak terpapar virus corona saja, pemerintah memang sudah mengkaji secara mendalam tentang pemberian vaksin Covid-19.

Mengutip dari Kompas.com, hasil penelitian dari BPOM menunjukkan bahwa efek pembentukan respons imun (imunogenisitas) vaksin pada anak usia 6-11 tahun, hasil pengamatan uji antibodi netralisasi 28 hari setelah vaksinasi dosis ke-2 menunjukkan seropositive rotes dan seroconversion rates mendekati 100 persen.

Nilai titer antibodi (Geometric Mean Titre/GMT) pada anak lebih tinggi dari titer antibodi pada kelompok dewasa yang sudah diketahui efikasinya.