Lebih Sering Tatap Layar Komputer Selama Pandemi, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Si Kecil

By Fathia Yasmine, Kamis, 25 November 2021 | 11:59 WIB
Ilustrasi penggunaan monitor untuk belajar daring di rumah (Dok. Shutterstock)

Nakita.id – Menjaga kesehatan mata si kecil di masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi Moms. Pasalnya, si kecil memiliki kesempatan lebih sedikit untuk beraktivitas di luar rumah. Hiburan dan kegiatan bermain semua dilakukan dengan bantuan gadget.

Tak hanya itu, penerapan skema pembelajaran school from home (SFH) pun membuat si kecil jadi lebih sering menatap layar komputer. Screen time jadi meningkat karena selain kegiatan belajar bersama guru, mengerjakan tugas juga dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer.

Nah, Moms mungkin pernah mendengar permasalahan kesehatan mata, yakni computer vision syndrome (CVS). Kondisi tersebut ternyata tidak hanya bisa dialami orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), CVS merupakan sekumpulan gejala fisik yang menyerang mata dan leher.

Baca Juga: Bobrok Keluarga Vanessa Angel Lagi-lagi Dikuliti Sosok Tak Terduga Ini, Bongkar Pesan Pribadi Sampai Sebut Doddy Sudrajat Tega Lakukan Hal Ini

Gejala-gejala tersebut antara lain, pandangan buram, penglihatan ganda, mata kering,  sakit kepala, hingga nyeri pada leher dan pundak.  Sebab dari CVS adalah menatap layar gadget, termasuk komputer dan perangkat lainnya, tanpa pembatasan waktu.

Gejala-gejala tersebut dapat bertambah parah dan mengganggu aktivitas si kecil. Selain CVS, si kecil juga bisa mengalami gangguan penglihatan seperti mata minus atau silinder.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata si kecil saat kebutuhan menatap layar yang lebih intens di era digital, ya Moms? Berikut Nakita.id berikan tipsnya.  

Gunakan teknik 20-20-20

Masih melansir dari laman Kemenkes, salah satu cara untuk mencegah mata lelah saat menatap layar komputer adalah dengan menggunakan teknik 20-20-20.

Baca Juga: Banyak Ibu-ibu Memanaskan Nasi Sisa Kemarin karena Sayang Dibuang, Amankah Dilakukan?

Ketika si kecil sudah menatap layar selama 20 menit, Moms bisa mengajak si kecil untuk beranjak dari depan layar.