Takut Baju si Kecil Pudar karena Sering Dicuci? Ini Cara Tepat Mencuci Baju

By Fathia Yasmine, Selasa, 30 November 2021 | 19:12 WIB
Ilustrasi baju anak (Dok. Shutterstock)

Nakita.id – Baju merupakan salah satu kebutuhan pokok semua orang, termasuk anak-anak. Berbeda dengan orang dewasa yang menggunakan baju sebagai produk ajang fesyen, anak-anak terkadang menjadikan baju sebagai ajang berkreasi.

Ketika bermain di rumah, misalnya, tidak jarang anak membiarkan baju mereka dipenuhi dengan coretan atau kotoran.

Begitupun ketika berada di meja makan, sisa makanan seringkali tercecer di pakaian sehingga baju cepat kotor dan bernoda. Alhasil, Moms pun harus sering mengganti baju si kecil.

Sayangnya, mencuci baju anak terlalu sering tidak jarang membuat warna baju cepat pudar dan rusak. Ditambah lagi, di tengah musim hujan baju anak jadi rentan apek karena tidak terkena sinar matahari.

Baca Juga: Putri Delina Cerita Hubungannya dengan Bintang Anak Bungsu Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana Izinkan Bertemu Asalkan Penuhi Hal Ini

Agar baju si kecil tetap awet dan wangi meski sering dicuci, Moms bisa mencoba beberapa tips di bawah ini. Yuk simak!

Pisahkan baju

Berbeda dengan baju orang dewasa, baju anak cenderung lebih rentan rusak apabila digabung dengan pakaian orang dewasa. Untuk itu, ada baiknya Moms memisahkan baju si kecil dengan pakaian anggota keluarga sehingga kualitas baju dapat tetap terjaga.

Di samping itu, Moms juga bisa memperhatikan label instruksi pada baju untuk menentukan metode mencuci seperti apa yang tepat bagi pakaian tersebut. Apabila label baju bertuliskan “dicuci dengan tangan”, maka ada baiknya Moms mengikuti aturan tersebut.

Untuk memudahkan proses pencucian, Moms bisa memilah-milah baju si kecil sesuai jenis bahan dan warna sehingga risiko baju kelunturan pun bisa dicegah. Warna baju pun jadi lebih awet.

Baca Juga: Sudah Tanamkan Pola Hidup Sehat Sejak Anak-anaknya Masih Kecil, Begini Cara Nana Mirdad dan Andrew White Melakukannya

Gunakan air dingin