Ini Kebutuhan Makan Dan Tidur Bayi Yang Tepat Sesuai Usia

By Gisela Niken, Jumat, 10 Juni 2016 | 05:05 WIB
Ini Kebutuhan Makan Dan Tidur Bayi Yang Tepat Sesuai Usia (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Pola makan dan tidur bayi memang tidak bisa ditebak. Namun, Mama memang perlu mengatur jadwal makan dan tidurnya. Hal ini akan mengurangi bayi yang rewel dan membantu tumbuh kembangnya. Jika Mama bingung bagaimana mengatur jadwal yang tepat dan kebutuhannya untuk si kecil, berikut kebutuhan makan dan tidur bayi sesuai dengan usia tumbuh kembangnya.Baca juga: Perlukah membuat jadwal makan dan tidur bayi?

Usia 1 – 2 bulanSekali menyusui bayi pada usia ini bisa mengonsumsi ASI atau susu formula 12 hingga 24 ons. Bayi pada usia ini akan membutuhkan waktu tidur sekitar 16 jam dan dibagi ke dalam tiga waktu yakni pagi, siang dan malam. Pada usia ini, anak juga perlu mengembangkan otot dengan interaksi bersama Mama. Cobalah memberinya pijatan atau berjalan dengan kereta dorong.

Usia 3 – 4 bulanPada usia ini bayi mengonsumsi ASI dan susu formula 6 hingga 7 ons per makan. Selama 24 jam ia mungkin mengonsumsi 32 ons. Pada usia ini bayi akan tidur selama 15 jam dan masih dibagi ke dalam 3 waktu yakni pada pagi, siang dan malam hari. Pada usia ini tak ada salahnya membacakan cerita untuknya.Baca juga: Hati-hati, salah menyusui bikin bayi susah tidur

Usia 5 – 6 bulanDalam waktu 24 jam, si kecil bisa mengonsumsi 32 ons ASI atau susu formula. Kebanyakan anak mulai diperkenalkan dengan makanan padat. Namun, sumber nutrisi utama tetap pada ASI atau susu formula. Bayi akan tidur 14 jam sehari dan dibagi ke dalam dua waktu yakni tidur malam dan tdur siang. Biasanya bayi sudah mulai aktif sehingga banyak menghabiskan waktu dengan bermain.

Usia 7 – 8 bulanAnak akan mulai makan makanan padat dua hingga tiga kali sehari ditambah 24 hingga 32 ons ASI atau susu formula dalam kurun 24 jam. Pada usia ini ada baiknya meningkatan jumlah makanan bayi dengan mulai memperkenalkan makanan genggam. Waktu tidur selama 14 jam dengan dibagi kepada dua waktu yakni siang dan malam. Ada banyak keterampilan terutama kordinasi tangan dan fisik bayi yang ia punya sehingga ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama si kecil.Baca juga: Tanda bayi sudah mendapatkan MPASI

Usia 9 – 10 bulanSi kecil akan makan tiga kali sehari dan ditambah 24 hingga 32 ons ASI atau susu formula. Si kecil juga mulai berperan aktif dalam waktu makan sebab ia sudah mulai pandai menggenggam. Pada usia ini anak butuh tidur sekitar 14 jam. Semakin banyak keterampilan baru dan si kecil mulai banyak berinteraksi dengan Mama.

Usia 11 – 12 bulanMeski sudah punya jadwal makan sendiri, kebutuhan makan dan tidur bayi usia ini khususnya ASI masih banyak. Pada usia 12 bulan, ia membutuhkan 22 hingga 32 ons ASI atau susu formula. Pada usia 1 tahun, ia juga bisa beralih ke susu sapi. Tidak ada yang membedakan waktu tidurnya sebab waktu tidur tetap dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembangnya.

(Niken/Baby Center)