Jaga Kualitas dan Nutrisi, Begini Proses Produksi Susu Kambing Formula di New Zealand

By Yussy Maulia, Kamis, 2 Desember 2021 | 14:35 WIB
Kambing jenis Saanen yang diternak di New Zealand. (Dok. www.dgc.co.nz)

Nakita.id – Pemberian susu formula dapat menjadi salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menopang tumbuh dan kembang anak. Bagi anak yang memiliki alergi terhadap kandungan protein susu sapi, susu kambing formula dapat menjadi pilihan.

Untuk Moms ketahui, menurut hasil penelitian selama 30 tahun terakhir, susu kambing sebagai sumber bahan baku susu formula memiliki kandungan nutrisi alami yang lebih unggul dibandingkan susu sapi.

Berbeda dengan pengolahan susu sapi tradisional, susu kambing formula menggunakan susu kambing utuh tanpa membuang kandungan lemaknya.

Asam lemak susu kambing lebih mudah dicerna dalam pencernaan si Kecil. Selain itu, asam lemak susu kambing juga bagus sebagai sumber makronutrien dan energi untuk mendukung pertumbuhan anak.

Baca Juga: Susu Kambing Formula Disebut-sebut Aman untuk Pencernaan Anak yang Sensitif, Ini Penjelasan Ilmiahnya Moms

Pada pengolahan susu sapi tradisional, lemak susu biasanya dibuang atau dimanfaatkan untuk pembuatan keju dan butter. Hal itu membuat kandungan nutrisi alami susu sapi berkurang.

Kualitas produk susu kambing formula pun ditentukan oleh beberapa faktor, mulai dari sumber susu, kualitas pakan ternak, kandungan nutrisi alami, hingga proses pengolahan dan pengemasan di pabrik.

Nah, salah satu negara penghasil susu kambing formula terbaik adalah New Zealand. Ada beberapa alasan mengapa peternakan New Zealand mampu menghasilkan susu berkualitas tinggi. Salah satunya, faktor alam.

Kondisi alam dan cuaca New Zealand cukup ideal bagi keberlangsungan hewan-hewan di peternakan. Pada musim panas, udara dan sinar matahari terasa hangat. Sementara pada musim dingin, cuaca cenderung bersahabat dan tidak ekstrem.

Baca Juga: Tahukah Moms? Susu Kambing Ternyata Miliki Kandungan Nutrisi Mirip ASI

Peternak di New Zealand juga sangat memperhatikan hewan ternak mereka.

Seperti yang dilakukan para peternak kambing di daerah Waikato, Kota Hamilton, New Zealand. Di sana, banyak dijumpai keluarga peternak kambing berjenis Saanen. Untuk memastikan kambing ternak menghasilkan susu terbaik, para peternak memberikan rumput dan jerami berkualitas yang ditanam secara alami.