Gunung Semeru Meletus yang Lainnya Harus Waspada! Berikut Daftar Gunung Api di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 7 Desember 2021 | 09:03 WIB
Gunung Semeru meletus pada Sabtu (04/12/2021), berikut daftar gunung api berstatus Siaga dan Waspada erupsi (Instagram: @mountnesia)

Nakita.id - Diketahui Gunung Semeru meletus pada Sabtu (04/12/2021) pukul 13.30 WIB.

Melansir Kompas.com, Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur memuntahkan awan guguran panas.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa.

Kejadian meletusnya Gunung Semeru tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang bernama Andiani.

"Erupsi berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021 pukul 13:30 diawali dengan laharan. Tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm durasi masih berlangsung," kata Andriani.

Baca Juga: Korban Meninggal Dunia Erupsi Semeru Masih Bertambah, Begini Ngerinya Kesaksian Korban Selamat Meletusnya Semeru yang Sangat Mendadak dan Tanpa Tanda-tanda

Akibat dari letusan Gunung Semeru mengakibatkan munculnya awan panas dan debu yang menutup pemukiman warga.

Letusan Gunung Semeru juga membuat satu wilayah di kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mendadak gelap meskipun waktu menunjukan masih sore hari.

Letusan Gunung Semeru tentunya membuat warga takut.

Dari laporan, ada korban meninggal dunia dan luka-luka karena Gunung Semeru meletus.

Selain Gunung Semeru yang meletus beberapa hari lalu dan memakan korban, ternyata ada beberapa gunung api lainnya di Indonesia yang juga berada di level status waspada bahkan siaga erupsi.