Wow! Bayi Raksasa Seberat 6,9 Kg Terlahir dari Ibu Muda 19 Tahun

By Ipoel , Kamis, 2 Juni 2016 | 06:07 WIB
Wow! Bayi Raksasa Seberat 6,9 Kg Terlahir dari Ibu Muda 19 Tahun (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Bayi raksasa telah lahir dari rahim dari Mamah muda berusia 19 tahun. Beratnya mencapai 6,9 kg. Wow. Konon, bayi itu adalah bayi perempuan terbesar di dunia. Bayi besar atau giant baby atau makrosomia kasusnya jarang terjadi. Bayi dinamakan bayi raksasa (makrosomia) bila berat badannya mencapai 4 kilogram. Berat badan bayi baru lahir pada umumnya kurang dari 4000 gram dan jarang melebihi 5000 gram. Frekuensi berat badan lahir lebih dari 4000 gram adalah 5,3% dan yang lebih dari 4500 gram adalah 0,4%. Sangat sedikit sekali bukan? Bila berat badan bayi mencapai 4000 – 5000 gram, maka kelahiran normal dapat diusahakan. Lain halnya bila beratnya mencapai di atas 5000 gram, tindakan operasi sesar lebih disarankan demi kebaikan ibu dan janin.

Baca juga: Mengenal bayi raksasa, bayi besar, giant baby. Klik di sini

Menyoal bayi raksasa tersebut, dokter yang menangani merasa takjub.

"Selama 25 tahun karir saya sebagai dokter kandungan belum pernah menangani persalinan bayi sebesar ini. Dia benar-benar bayi ajaib," kata Dr. Venkatesh Raju yang menanganinya. "Saya yakin dia bukan hanya bayi terbesar di India tapi bayi perempuan terbesar di dunia," lanjutnya.

Wow! Bayi Raksasa Seberat 6,9 Kg Terlahir dari Ibu Muda 19 Tahun

Bayi perempuan ini merupakan anak pertama dari Nandini (19) yang dilahirkan di rumah sakit Hassan, Karnataka, India. Sudah beberapa hari lahir, Nandini beserta Arun, suaminya belum mempersiapkan nama, ia mengaku masih tidak percaya bayi yang dilahirkannya akan sebesar ini.

Baca juga: Bagaimana Berat Badan Ibu Hamil Berpengaruh Pada Berat Badan Bayi?

Namun wajar saja, saat hamil Nandini memiliki berat badan mencapai 94 kg dengan tinggi badan 179 cm. Ia sendiri mengaku tidak pernah memeriksakan kandungannya.

"Ini di luar dugaan, bayi obesitas biasanya disebabkan karena ibunya diabetes tapi Nandini sangat sehat," kata dokter Raju.

Baca juga: Yuk pantau berat badan janin di dalam kandungan. Begini caranya

Seorang ginekolog yang membantu proses persalinan mengatakan bayi raksasa ini sementara belum bisa dibawa pulang karena masih dalam pengawasan intensif dan juga menjadi bahan penelitian para dokter.

Sebelumnya bulan November tahun 2015 seorang wanita India, Firdous Khatun telah melahirkan bayi terbesar di dunia dengan berat 6,7 kg namun gelar tersebut kini disabet oleh bayi raksasa milik Nandini.

(Ipoel/tribunjateng)