Memprediksi Wajah Bayi dari Gen Mama Papa

By Dini Felicitas, Kamis, 8 Desember 2016 | 04:00 WIB
Memprediksi Wajah Bayi dari Gen Mama Papa (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Membayangkan wajah bayi saat lahir nanti, tentu menjadi keasyikan sendiri bagi orangtua. Seperti apa ya, wajahnya nanti? Akankah berambut ikal seperti Papa? Atau berlesung pipi dan berkulit putih seperti Mama? Tidak ada kepastian mengenai hal tersebut sampai Mama memandang wajah si baby untuk pertama kalinya nanti. Meskipun begitu, Mama bisa mengetahui karakter mana yang akan diwarisi anak dari masing-masing orangtuanya.

Apa yang diwarisi anak tergantung dari gen Mama dan Papa. Warna mata dan rambut, misalnya, ditentukan oleh sepasang gen yang disebut allele. Allele bisa dominan atau pun terpendam (resesif), namun allele yang dominan akan selalu menang dan menentukan hasilnya (bagaimana rupa anak kelak).

Baca: DNA Siapa yang Menentukan IQ dan Wajah Anak? Meskipun begitu, Mama tetap hanya bisa berspekulasi. Mama dan Papa mungkin tidak memiliki karakteristik tertentu, namun tidak berarti Mama tidak membawa gen yang dominan. Gen pun bisa tetap resesif untuk beberapa generasi berikutnya. Nah, coba lihat bagaimana cara mengetahui wajah bayi dari gen yang dibawa Mama Papa seperti dipaparkan Dr Judith Virjee, konsultan genetika molekular: Rambut lurus atau ikal Jika Mama memiliki rambut ikal, kemungkinan si bayi pun akan memilikinya. Karena, rambut ikal merupakan gen yang dominan dan akan mengalahkan rambut lurus. Jadi, kalau Mama mewarisi rambut keriting nenek, Mama pun akan mewariskan gen ini pada anak. Sedangkan jika Mama dan Papa sama-sama memiliki rambut lurus, maka kemungkinan besar bayi akan mewarisi tipe rambut yang sama. Dua anak lelaki Marcell Siahaan, Keenan Avalokita dan Seth Ananda, punya rambut ikal seperti ayahnya.

Baca: Kenapa Anakku Pendek, Padahal Mama dan Papanya Tinggi? Warna mata Mayoritas orang Indonesia memiliki mata yang hitam, dan ada sebagian kecil yang matanya berwarna coklat atau kelabu. Jika Mama dan Papa memiliki mata yang coklat, si bayi pun akan bermata coklat. Kalau Mama dan Papa memiliki gen resesif mata berwarna coklat, peluang bayi memiliki mata coklat adalah satu banding empat. Faktor-faktor lain yang juga memengaruhi warna mata anak antara lain jumlah melanin yang diproduksi tubuh Mama.

Dagu belah Karakteristik ini cukup jarang ditemui, namun dagu belah ternyata juga merupakan gen yang dominan. Kalau Papa punya dagu belah, si kecil pasti juga akan memilikinya. Seperti lesung pipi, membuat wajah pemiliknya menjadi khas dan lebih menarik. Lihat saja salah satu pemiliknya, aktris muda Laudya Cynthia Bella. Lesung pipi Lesung pipi juga merupakan gen yang dominan, jadi jika Mama memilikinya, anak pasti juga akan mewarisinya. Kalau Papa dan Mama sama-sama mempunyai lesung pipi, peluang akan untuk mewarisinya menjadi tiga kali lipat. Bentuk wajah Wajah Papa persegi, namun wajah Mama oval. Mengikuti bentuk wajah siapa anak kelak? Kemungkinan besar, mengikuti bentuk wajah Mama. Karena, bentuk wajah oval atau bulat merupakan gen yang dominan, sedangkan wajah persegi adalah gen resesif. Garis rambut runcing Pernah melihat garis rambut yang meruncing membentuk huruf V di bagian tengah dahi, seperti rambut John Travolta, Nicole Kidman, atau Kourtney Kardashian? Garis rambut seperti ini disebut widow's peak, dan merupakan gen yang dominan. Tampak jelas, Kourtney mewarisinya dari sang ayah, Robert Kardashian Sr.

Nah, coba sekarang amati apakah Papa dan Mama punya karakteristik khas yang bisa jadi acuan untuk memprediksi wajah bayi saat lahir nanti.