Cara Cek Penerima Bansos PKH Tahap 4 di Bulan Desember 2021, Hanya Penerima yang Masuk ke dalam Kategori Ini yang Bisa Mendapatkan

By Shannon Leonette, Selasa, 28 Desember 2021 | 08:00 WIB
Begini cara cek penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4. (pexels.com/Julia M Cameron)

 

Nakita.id - Moms, begini cara cek penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4.

Sebagai informasi, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) adalah salah satu program bantuan perlindungan sosial yang masih terus disalurkan ke masyarakat yang kurang mampu hingga saat ini.

Bansos PKH ini hanya diperuntukkan bagi keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), kemudian sesuai kategori penerima menurut Kementerian Sosial (Kemensos).

Tujuan diberikan bantuan ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Sekaligus mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan, mendorong perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat, serta mengurangi kemiskinan hingga inklusi keuangan.

Saat ini, pemberian bansos PKH telah memasuki tahap pencairan yang ke-4 pada Desember 2021.

Melansir Tribunnews (27/12/2021), bansos PKH ini akan disalurkan kepada penerima melalui Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) dan langsung dicairkan melalui mesin ATM dan E-warong terdekat.

Berikut adalah kategori penerima bansos PKH yang perlu diketahui.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bansos PKH Tahap 4 di Bulan Desember 2021, Moms Perlu Lakukan Segera