5 Kesalahan Mama Saat Mengenalkan Makanan Padat Pada Bayi

By Gisela Niken, Senin, 23 Mei 2016 | 23:10 WIB
5 Kesalahan Mama Saat Mengenalkan Makanan Padat Pada Bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Selain ASI, ada waktunya Mama perlu mengenalkan makanan padat kepada bayi. Namun, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan saat mengenalkan makanan padat pada bayi. Ada beberapa kesalahan yang harus Mama hindari karena proses ini juga memengaruhi pola makan bayi hingga dewasa.Baca juga: 10 makanan padat gizi bagi bayi

1.Mengenalkan makanan padat sebelum usia 6 bulan.WHO atau badan kesehatan dunia telah memberikan standar terhadap proses mengenalkan makanan padat pada bayi. Mereka merekomendasikan setiap bayi tetap mendapatkan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan dan baru memulai mengenalkan makanan padat pada usia itu. Mengapa pada usia 6 bulan? Pada usia ini bayi benar-benar siap dengan makanan padat. Mereka sudah memiliki kontrol kepala yang baik, duduk dan sudah dapat mulai memegang sesuatu.

2. Makanan padat harus selalu buburTidak ada yang mengatakan bahwa makanan padat harus berbentuk bubur nasi. Mama bisa menawarkan si kecil aneka buah dan sayuran. Mengenalkan makanan padat dengan buah dan sayur bisa membuat si kecil punya pola makan sehat di kemudian hari. Selain itu, buah dan sayur juga bisa mencegah si kecil mengalami sembelit. Vitamin dan aneka kandungan alami dalam buah dan sayur akan membuat si kecil jadi lebih kuat dan mendukung masa pertumbuhannya.Baca juga: Rambu-rambu pemberian MPASI

3.Hanya memberikan menu makanan instan atau yang itu-itu sajaMengenalkan makanan padat pada bayi tidak hanya bubur dengan sayur atau aneka makanan padat yang bisa dibeli dengan instan. Namun, Mama juga bisa memberikan campuran daging pada makanannya. Zat besi erupakan nutrisi penting untuk bayi usia 6 bulan. Anak membutuhkan zat ini sebab ASI memiliki zat besi yang rendah. Kandungan dalam daging juga dapat membentuk sel darah dan protein.

4. Menghindari makanan yang bisa membuat alergi sebelum usia 1 tahunBerbagai penelitian justru mengungkapkan bahwa mengenalkan makanan yang memicu alergi seperti telur, kacang dan susu justru membuat anak bebas dari alergi. Mengenalkan sejak kecil akan membuat mereka terbiasa dengan makanan tersebut. Maka, tak ada salahnya untuk mencoba memberikan makanan padat dengan makanan yang seringkali membuat anak alergi.Baca juga: Hindari berikan garam pada bayi, ini alasannya!

5.Memberikan gula dan garam pada makananGula dan garam merupakan dua hal yang jangan diberikan pada bayi sebelum usia 1 tahun. Sistem pencernaan yang belum sempurna membuat anak akan mengalami gangguan kesehatan. Kandungan sodium pada garam misalnya tidak akan tercerna dengan baik. Mengenalkan makanan padat pada bayi harus dimulai dengan rasa alamiah dari makanan tersebut. Hal ini juga dapat membuat anak lebih menyukai makanan tersebut.

(Niken/Parents)