Wajib Tahu, Ragam Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Ibu Saat MPASI Adek Bayi

By Fathia Yasmine, Rabu, 29 Desember 2021 | 08:05 WIB
Ilustrasi MPASI adek bayi (Dok. Shutterstock)

Nakita.id – Setiap Ibu tentunya ingin adek bayinya bertumbuh dan berkembang dengan sempurna, baik secara fisik maupun kognitif. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu indikator kecukupan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan adek bayi.

Oleh sebab itu, kecukupan gizi adek bayi merupakan hal yang krusial bagi setiap Ibu. Terlebih, ketika adik bayi sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI).

Pemberian MPASI menjadi tahap penting untuk menuntaskan milestone pertumbuhan adek bayi berdasarkan tahapan usianya.

Mempersiapkan MPASI juga perlu kecermatan karena kebutuhan gizi adek bayi berbeda dengan orang dewasa. Menu MPASI harus memiliki nilai nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Baca Juga: Bansos Akan Dicairkan Secara Manual Sebelum 31 Desember 2021, Sesuai Instruksi Mensos, Moms yang Tinggal di Surabaya Harus Baca Ini

Apa saja nutrisi makro dan mikro yang penting untuk tumbuh kembang adek bayi? Simak penjelasan berikut, Bu.

Gizi makro

Gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Gizi makro berperan untuk menyuplai energi ke dalam tubuh adek bayi, mengoptimalkan perkembangan tubuh, otak, hingga sistem imun adek bayi. 

Nutrisi yang termasuk dalam gizi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Karbohidrat bisa diberikan lewat asupan beras, singkong, kentang, dan ubi.

Kebutuhan protein bisa dipenuhi lewat daging merah, hati ayam dan sapi, ikan, serta telur. Ibu juga bisa melengkapi menu dengan memberikan protein nabati seperti kacang merah, buncis, kacang hijau, serta tempe dan tahu.

Baca Juga: Tumit Terasa Sakit dan Nyeri, Begini Cara Meredakannya Secara Alami dan Cepat

Sementara, kebutuhan lemak dapat Ibu penuhi dengan membuat menu MPASI dengan tambahan santan, minyak zaitun, atau mentega.