Ternyata, Gaya Hidup Ayah Juga Menentukan Kesehatan Bayi

By Gisela Niken, Rabu, 18 Mei 2016 | 23:30 WIB
Ternyata, Gaya Hidup Ayah Juga Menentukan Kesehatan Bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Siapa pun pasti ingin memiliki anak yang sehat selalu. Berbagai penelitian mengungkapkan peran ayah terhadap kesehatan bayi. Gaya hidup dan usia ayah memiliki dampak pada kesehatan anak-anaknya bahkan sejak janin. Banyak penelitian yang menungkapkan bahwa ibu dapat memengaruhi kesehatan anak. Namun, ayah juga punya peran yang tak kalah penting.Baca juga: 2 bentuk dukungan penting ayah untuk ibu

Joanna Kitlinska, Ph,D. Seorang asisten profesor di Georgetown University mengatakan bahwa usia dan kebiasaan tidak sehat akan menurun kepada anak-anaknya. Obesitas misalnya dapat memengaruhi gen sehingga membuat anak-anak cenderung menjadi lebih gemuk. Atau ayah yang merokok dapat mewariskan gen berbahaya bagi tumbuh dan kembang anak.

Kitlinska dan beberapa rekannya membuat penelitian mengenai hubungan antara kesehatan ayah dan bayi. “Di luar sana sudah banyak penelitian yang menghubungkan antara perilaku kesehatan ibu akan memengaruhi kesehatan anak. Tapi, ayah juga punya peran penting,” ujarnya. Dalam studi yang ia buat, usia ayah menjadi salah satu faktor yang menentukan. Anak dari ayah yang telah berusia lebih dari 40 tahun memiliki risiko autisme lebih tingi dibandingkan anak yang lahir dari ayah yang berusia 30an tahun.Baca juga: Inilah kelebihan Ayah dalam mengasuh anak 

Pola makan ayah juga sangat berpengaruh pada anak. Pria dengan obesitas mungkin menghadapi risiko lebih tinggi untuk obesitas. Ayah yang obesitas juga mungkin memiliki anak yang akan terdiagnosis diabetes dan kanker. Obesitas dan gen yang membuat asupan gizi tidak seimbang. Gaya hidup tidak sehat lainnya seperti alkohol dapat berpengaruh bahkan sejak dalam janin.

Sebanyak dari 3 dari 4 anak yang memiliki ayah senang alkohol memiliki gangguan sejak dalam janin. Gangguan tersebut terdiri atas berat badan yang rendah saat lahir, perkembangan otak yang tergganggu hingga ketidakmampuan untuk belajar. Alkohol juga dapat memengaruhi gen anak bahkan jika Mama tidak mengonsumsi alkohol. Untuk itu, jangan anggap ayah tidak berpengaruh apa-apa.Baca juga: 7 tipe ayah, anda termasuk yang mana?

Stres juga dapat memengaruhi kesehatan bayi di mana ayah yang punya tingkat stres cukup tinggi akan membuat anak punya masalah perilaku. Dalam studi ini, hal ini terbykti pada tikus sebab stres dapat mengubah gen dalam diri anak. Melihat peran ayah terhadap kesehatan anak ini, Papa juga perlu menjaga kesehatan saat sebelum memiliki dan saat memiliki bayi. (Niken/Web MD)