Cara Redakan Batuk Bayi Pada Malam Hari

By Gisela Niken, Selasa, 17 Mei 2016 | 05:35 WIB
Cara Redakan Batuk Bayi Pada Malam Hari (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Malam hari yang terasa dingin akan sering membuat bayi batuk di malam hari. Ada banyak hal yang menyebabkan batuk pada malam hari. Batuk pada malam hari juga bisa menjadi gejala anak terserang asma. Untuk itu, Mama harus mengatasi batuk bayi pada malam hari.Baca juga: Jangan sepelekan batuk pilek pada bayi 

Bayi yang senang batuk pada malam hari biasanya juga menunjukkan alergi terhadap beberapa hal termasuk dingin. Biasanya batuk diikuti dengan rasa sesak di dada dan merasakan sesak nafas. Mama perlu berkonsultasi dengan dokter jika masalah ini terus terjadi selama satu minggu penuh.

Batuk pada malam hari juga bisa terjadi akibat reaksi asam yang muncul akibat makanan. Pada bayi yang sudah bisa makanan padat, hindari makanan seperti coklat, pedas dan gorengan yang dapat memicu batuk pada malam hari. Selain itu, jangan biasakan bayi makan 2 jam sebelum tidur.Baca juga: Cara mengatasi batuk pada bayi

Tumbuh gigi juga bisa menyebabkan batuk pada malam hari. Saat tumbuh gigi, terdapat peningkatan air liur yang memungkinkan air liur masuk ke dalam belakang tenggorokan. Jika terjadi karena ini, Mama tidak perlu khawatir. Namun, Mama perlu khawatir ketika batuk juga diikuit demam pada malam hari dan disertai dengan lendir berwarna kuning kehijauan.

Untuk mengatasinya, pastikan si kecil punya waktu istirahat yang cukup. Tambahkan ASI atau susu formula agar dapat melindungi tubuhnya dari infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang belum kuat memungkinkan bayi terserang aneka bakteri. Pemberian obat kepada bayi harus disertai dengan dosis dokter. Usahakan untuk menghindari penggunaan obat jika masih bisa dicegah dengan cara alami.Baca juga: 4 jenis batuk pada bayi, kenali bedanya!

Uap juga membantu melancarkan pernafasan dan menghilangkan lendir yang menyebabkan batuk. Mandi air hangat juga dapat membantu. Untuk bayi di atas 1 tahun, Mama bisa memberi lemon hangat yang dicampur dengan madu. Hal ini dapat mengatasi batuk bayi pada malam hari. Pastikan pula suhu udara tidak terlalu dingin sebab ada kemungkinan si kecil mengalami alergi dingin.(Niken/New Kids Center)