Prediksi BMKG untuk Cuaca Jumat 7 Januari 2022, Wilayah Ini Berpotensi Mengalami Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 6 Januari 2022 | 20:11 WIB
BMKG beri peringatan adanya cuaca ekstrem mulai hujan lebat sampai angin kencang pada sederet wilayah ini (Freepik)

Nakita.id - Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya Moms cek dulu prediksi cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Hal ini karena hampir seluruh wilayah di Indonesia diguyur hujan karena sudah memasuki musim hujan.

Pada Jumat (07/01/2022) BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada sekitar 19 wilayah di Indonesia.

Sementara, 7 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Ini karena musim hujan masih akan terus mengguyur Indonesia sampai akhir Januari nanti, jadi BMKG beri peringatan adanya cuaca ekstrem.

Intensitas hujan di Indonesia juga masih akan tinggi.

BMKG menginformasikan, terdapat sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna bagian timur dan di Samudra Hindia barat daya Lampung yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Konvergensi memanjang di Laut Natuna bagian timur, di Samudra Hindia barat Sumatera Barat-Bengkulu, dan di Samudra Hindia barat daya Banten.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara bagian selatan hingga pesisir barat Sumatera Barat, dari perairan timur Lampung hingga perairan selatan Kalimantan Tengah, dari Selat Karimata hingga Kalimantan Selatan, dari perairan timur Kalimantan Utara hingga Selat Makassar, dari perairan selatan P. Sumba hingga P. Timor bagian barat, dari Samudra Pasifik utara Halmahera hingga perairan utara Halmahera, dan dari perairan selatan Sulawesi Utara hingga Laut Seram.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Ekstrem Kamis 6 Januari 2021, BMKG Beri Peringatan untuk 19 Wilayah Ini Bersiap Hadapi Angin Kencang Sampai Hujan Lebat

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang: