Manfaat Tersembunyi Dari Menyanyi Untuk Bayi

By Gisela Niken, Senin, 16 Mei 2016 | 00:00 WIB
Manfaat Tersembunyi Dari Menyanyi Untuk Bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Apakah Mama senang mengenalkan musik kepada bayi? Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa menyanyi untuk bayi lebih punya banyak mafaat dibandingkan berbicara kepadanya. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada banyak manfaat menyanyi untuk bayi salah satunya adalah mengasah perkembangan otaknya.

Ternyata, menyanyi untuk bayi tidak hanya membuat perkembangan otak. Musik tidak hanya melancarnya saraf dan membantu meningkatkan kognitif sehingga perkembangan bahasa menjadi lebih lancar. Terapi menyanyi untuk bayi juga sangat baik untuk terapi anak yang menderita autisme. Selain itu, menyanyi juga dapat mengembangkan kemamuan emosionalnya.Baca juga: Bayi lebih nafsu makan dengan lagu nina bobo?

Studi yang dibuat oleh University of Montreal menemukan bahwa bayi akan menjadi lebih tenang ketika rewel ketika mendengar seseorang menyanyi dibanding mendengarkan seseorang berbicara. Artinya, bayi menjadi lebih mampu mengatur emosi mereka ketika mendengarkan suara bernyanyi. Hal ini bisa jadi solusi bagi Mama yang bingung menenangkan bayi yang rewel.

Menyanyi juga berdampak kesehatan mereka lo, Mam. Saat menyanyi dan mendengarkan musik, terdapat ritme ritme tertentu yang membuat bayi memiliki detak jantung yang lebih teratur. Untuk itu, Mama perlu memilih lagu yang mengulang ritme dan syair. Hal ini akan membuat anak mendapatkan detak jantung yang teratur dan dapat membuat bayi jadi jauh lebih tenang.Baca juga: Manfaat musik untuk bayi

Selain itu, menyanyi untuk bayi akan meningkatkan kemampuan kosa kata mereka. Lirik yang dinyanyikan akan membuat anak lebih mudah menghapalnya jika menggunakan melodi tertentu. Menyanyi juga meningkatkan hubungan antara Mama dan si kecil. Kontak mata dan sentuhan fisik saat bernyanyi bersama akan membuat ikatan yang baik antara Mama dan si kecil.

Bernyanyi juga akan membuat bayi senang sehingga ia menjadi tidak rewel. Bahkan, ketika Mama bingung untuk menidurkan bayi, bernyanyi untuknya akan membuat bayi cepat tidur dan jauh lebih tenang. Gerakan bayi yang ditimbulkan saat menyanyi juga mengembangkan kesadaran tubuh dan koordinasi tubuh.Baca juga: Musik yang cocok untuk bayi

Mama bisa mulai membiasakan untuk bernyanyi bersama bayi. Manfaat menyanyi untuk bayi ini juga bisa dimulai dnegan bersenandung ketika ia baru lahir. Memutarkan aneka musik berirama riang juga dapat membantu anak mendapatkan manfaat dari bernyanyi dan musik.

(Niken/Kid Spot)