Akibat Sirkulasi Siklonik di Samudra Hindia BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 11 Januari 2022, Ada 28 Wilayah yang Bakal Alami Angin Kencang Hingga Hujan Lebat

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 10 Januari 2022 | 20:19 WIB
BMKG beri peringatan dini soal potensi angin kencang hingga hujan lebat pada Selasa 11 Januari 2022 (Pexels.com/Nikita Ananjevs)

Nakita.id - Awas, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Moms dan Dads yang akan melakukan kegiatan di luar rumah pada Selasa (11/01/2022).

BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu badan yang memang disiapkan untuk memberikan laporan cuaca setiap hari.

Bila ada cuaca ekstrem, BMKG langsung menyebarluaskan kepada masyarakat.

Sama seperti sekarang ini, BMKG beri peringatan adanya cuaca ekstrem di Indonesia agar semuanya bersiap-siap menghadapinya.

Diperkirakan, sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia melalui web.meteo.bmkg.go.id.

Dikabarkan, ada 28 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Mulai dari angin kencang hingga hujan lebat.

Sesuai informasi pada laman tersebut, Deputi Bidang Meteorologi, Senin (10/1/2022), menyampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Timur dan di Samudra Hindia barat Bengkulu.

Baca Juga: Prediksi BMKG untuk Cuaca Senin 10 Januari 2022, Beberapa Wilayah Ini Berpotensi Mengalami Angin Kencang Hingga Hujan Lebat, Daerah Mana Saja?

Sirkulasi Siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan selatan Jawa Timur dan di Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan, di Selat Karimata, dari Laut Jawa bagian barat hingga Laut Sumbawa, dan dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan.