Satu Indonesia Bernapas Lega, Penelitian Sebut Vaksin Booster Bisa 85% Bantu Lawan Gejala Covid-19 Varian Omicron Parah, Orang Hebat Ungkap Hal Ini

By Riska Yulyana Damayanti, Rabu, 12 Januari 2022 | 14:52 WIB
Vaksin booster disebut bisa 80 persen melawan Covid-19 varian Omicron (Pexels.com/ Nataliya Vaitkevich)

Nakita.id - Ahli beberkan soal hasil penelitian terkait suntikan vaksin booster dan kabarnya cukup menggembirakan.

Ya, dikabarkan pemerintah memutuskan pemberian Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) akan dimulai hari ini, Rabu (12/01/2022).

Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers setelah mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin (3/01/2022).

Masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek jadwal dan tiket vaksinasi booster gratis secara online melalui aplikasi PeduliLindungi.

Apakah vaksin booster ampuh melindungi diri dari serangan Omicron?

Melansir dari BBC (17/12/2021), peneliti Inggris telah menganalisis kemungkinan dampak suntikan booster pada Omicron.

Hasilnya mengatakan itu bisa memberikan sekitar 85% perlindungan terhadap penyakit parah karena Covid-19 varian Omicron ini, Moms.

Ahli pun menyarankan untuk segera memberikan suntikan booster pada lebih banyak orang untuk mencegah dan menekan penularan Covid-19 varian Omicron ini.

"Hasil kami menunjukkan pentingnya memberikan dosis booster sebagai bagian dari respons kesehatan masyarakat yang lebih luas," kata salah satu peneliti Imperial Prof Azra Ghani.

Baca Juga: Suntikan Vaksin Booster Bisa Kurangi Gejala Virus Corona Varian Omicron, Begini Penjelasan Ahli

Melansir dari Eatthis (27/10/2021), ini yang terjadi pada tubuh ketika disuntik vaksin booster.

1. Antibodi meningkat