Trik Menenangkan Bayi Yang Menangis Di Malam Hari

By Gisela Niken, Rabu, 4 Mei 2016 | 04:55 WIB
Trik Menenangkan Bayi Yang Menangis Di Malam Hari (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Secara umum, bayi tidur selama 16 hingga 17 jam. Mereka juga dapat terjaga penuh selama 2 jam penuh. Waktu terjaga pun tidak menentu. Untuk itu, Mama akan mendapati bayi yang menangis di tengah malam dan tentu saja membuat Mama bingung untuk menenangkannya. Berikut beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk menenangkan bayi yang menangis karena terbangun dari tidurnya khususnya di malam hari.Baca juga: 7 penyebab bayi menangis 

Salah satu cara membuat bayi tertidur di mana saja adalah tempat yang tidak memiliki suara bising sehingga mereka bisa tenang dalam tidur. Untuk itu, jangan keluarkan banyak suara ketika bayi terbangun di malam hari. Jika berada di siang hari, Mama harus menghindarkan posisi bayi dekat dengan aktivitas keluarga seperti ruang keluarga. Suara bising akan membuat bayi takut dan akhirnya tidak membuat anak tidur.

Bahkan, bayi yang baru lahir membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan suara AC dan suara-suara aneh yang tidak biasa di dengarnya saat berada di rahim. Untuk itu, penting bagi Mama selama satu minggu pertama kelahirannya tidak menimbulkan suara aneh di dekatnya. Suara Mama dan anggota keluarga yang terlalu bising juga akan menganggu tidurnya.Baca juga: Kenali arti tangisan bayi

Saat bayi mulai menangis, Mama jangan langsung mengangkatnya dari tempat tidur. Kecuali memang popok yang butuh diganti atau ia merasa lapar. Menangis hanya sebagai tanda bahwa ada rasa tak nyaman. Jika sudah merasa kenyang dan nyaman, biarkan bayi menangis sebab ia akan diam dengan sendirinya ketika mendapatkan rasa nyamannya. Hal ini juga penting untuk membiarkan anak belajar menenangkan dirinya.

Suara yang Mama timbulkan saat mengangkatnya terkadang akan membuatnya semakin menangis. Cobalah menahan sejenak untuk tidak mengangkatnya terlebih dahulu. Namun, setiap bayi punya kebutuhan berbeda. Mama tetap harus mengangkatnya jika ia merasa lapar dan perlu mengganti popok. Selain itu, bayi juga perlu jadwal yang konsisten agar tidak menangis di malam hari.Baca juga: Kenapa bayi menangis? Ini alasannya!

Cobalah membuat jadwal rutin seperti jam tidur, jam mereka makan, mandi dan bermain. Hal ini akan mengajarkan pada bayi kapan ia harus melakukan kegiatan tersebut. Jadwal yang konsisten ini sangat bermanfaat untuk masa depannya sebab ia terbiasa untuk hidup dengan teratur. Jadwal juga memastikan ia mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Mama tidak terlalu berlebihan dalam menenangkan bayi yang menangis. Menangis merupakan carany berkomunikasi sehingga bukan berarti bayi mengalami sebuah penderitaan dan kesakitan. Untuk itu, Mama perlu mempelajari apa yang menyebabkan ia menangis. Langsung bereaksi pada tangisannya di malam hari membuat memangis jadi kebiasaan yang ia lakukan.(Niken/Huffington Post)