Ini Manfaat Tersembunyi Menyusui Bagi Ibu

By Gisela Niken, Selasa, 3 Mei 2016 | 23:55 WIB
Ini Manfaat Tersembunyi Menyusui Bagi Ibu (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Setiap Mama pasti ingin memberikan yang terbaik bagi si kecil termasuk memberikan ASI ekslusif. Tidak hanya baik untuk kesehatan anak saja, menyusui juga punya manfaat buat Mama. Berikut beberapa manfaat menyusui bagi ibu yang mungkin saja belum Mama ketahui.Baca juga: Ini alasan Mama menyusui jangan makan pedas 

1.Tulang menjadi kuatWanita yang menyusui ternyata memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami osteoporosis serta kerusakan tulang yang disebabkan oleh menopause. Saat hamil dan menyusui, tubuh Mama akan menyerap kalsium dengan lebih efisien. Mungkin saat hamil dan menyusui, Mama akan mengalami nyeri pada tulang belakang dan pinggul. Namun, setelah menyusui tulang Mama akan jadi lebih kuat dan padat.

2. Menurunkan berat badanJika Mama menyusui, sangat sedikit kemungkinan Mama akan menjadi lebih gemuk. Menyusui dapat membakar kalori hingga 500 kalori per hari. ASI mengandung 20 kalori per ons. Artinya sebanyak kurang lebih 400 kalori akan keluar dari tubuh Mama. Mama juga tidak perlu sulit memikirkan cara agar menurunkan berat badan setelah hamil.Baca juga: Pijat payudara saat menyusui 

3.Mempercepat pemulihan setelah melahirkan.Menyusui akan membantu Mama cepat pulih dari melahirkan baik secara fisik maupun psikis. Oksitosin yang dilepaskan saat menyusui akan membantu rahim dan mengurangi terjadinya pendarahan setelah melahirkan. Menyusui juga akan membantu rahim kembali ke ukuran normal setelah 6 minggu setelah melahirkan sementara jika tidak menyusui akan membutuhkan waktu hingga 10 minggu.

4.Istirahat dari menstruasi sejenakMama tidak akan mengalami ovulasi selama menyusui. Sebab, menyusui akan melepaskan prolaktin yang membuat estrogen dan progesteron tidak memicu ovulasi. Ketika kadar prolaktin turun, maka kedua hormon tersebut akan kembali bekerja dan terjadilah menstruasi. Beberapa Mama akan mendapatkan menstruasi selama 6 hingga 8 bulan setelah melahirkan atau bahkan satu tahun!Baca juga: Puting mendelep membuat bayi sulit menyusu?

Manfaat menyusui bagi ibu yang banyak ini membuat Mama bisa memikirkan ulang untuk tidak memberikan ASI. Tidak hanya bagi Mama, ASI juga sangat baik bagi si kecil. Ia akan jadi lebih sehat dan kuat. Selain itu, Mama juga bisa menghemat biaya dengan memberikan ASI kepada si kecil sebab harga susu formula yang kian mahal. (Niken/Fit Pregnancy)