Beberapa Penyakit Berbahaya Ini Bisa Menyerang Anak Sedini Mungkin

By Debora Julianti, Kamis, 20 Januari 2022 | 17:45 WIB
Ilustrasi anak memiliki penyakit langka (freepik)

Nakita.id – Moms pada dasarnya penyakit mungkin masih sangat rentan dialami oleh anak-anak.

Moms bahkan sejak dini, anak sudah bisa saja terjangkit penyakit langka.

Menurut beberapa penelitian dalam setiap waktu kelahiran bayi, setidaknya satu dari dua belas bayi lahir dengan kondisi penyakit langka.

Sementara itu, di dunia ini ternyata ada sekitar 6000 penyakit langka yang berhasil diteliti atau diketahui dengan 75% di antaranya menyerang anak-anak.

Sangat disayangkan juga sekitar 30% anak-anak dengan kondisi penyakit langka tersebut akan meninggal sebelum mereka berusia 5 tahun.

Meskipun kemajuan peradaban dan teknologi dunia saat ini semakin baik, tidak semua negara memiliki akses untuk pengujian penyakit langka anak lebih lanjut.

Seringnya, ketika suatu keluarga mendapatkan bayi mereka terdiagnosis penyakit langka, pilihan pengobatan belum tentu dapat dilakukan untuk menyembuhkannya.

Bayi atau anak-anak yang terdiagnosa penyakit langka harus segera mendapatkan perawatan dan mereka memerlukan serangkaian proses diagnosis genetik dini yang cepat dan akurat.

Melansir dari HealthLine, berikut beberapa penyakit langka yang banyak ditemukan pada anak-anak.

Baca Juga: Merasakan Disorientasi hingga Mengantuk Setiap Saat, Hati-hati Terkena Sindrom Putri Tidur Kenali Cara Mengatasinya

1. Distrofi Otot Duchenne (Duchenne Muscular Dystrophy – DMD)

Penyakit langka anak ini akan menyerang kinerja otot dalam tubuh dan penyakit ini dapat diwariskan.