Mengatasi Repotnya Mengurus Bayi Yang Baru Lahir

By Gisela Niken, Selasa, 3 Mei 2016 | 01:05 WIB
Mengatasi Repotnya Mengurus Bayi Yang Baru Lahir (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kedatangan anggota keluarga baru tidak hanya membahagiakan. Berbagai ketakutan datang menghampiri orangtua baru salah satunya adalah akan kerepotan mengurus bayi. Mama bisa mengatasi repotnya mengurus bayi dengan melakukan berbagai persiapan berikut ini dari seorang psikolog klinis,Dr. Adrienne Brown.Baca juga: Kelelahan saat mengasuh bayi, ini penyebabnya!

Selama kehamilan Mama sudah mengalami aneka gangguan dan perubahan seperti badan jadi lebih lemas, perubahan mood hingga perubahan fisik yang signifikan. Perubahan dan gangguan ini ternyata terus berlanjut hingga si kecil lahir. Bayi menangis, kesulitan menyusui, kesulitan mengurus rumah tangga hingga aneka gangguan lain pasti datang saat memiliki bayi yang baru lahir. Dalam suasana seperti ini ingatlah bahwa momen ini hanya berlangsung sementara.

Si kecil akan tumbuh jadi anak yang lebih besar dan tidak akan terulang lagi. Jadikan momen bahagia tersebut sebagai penyemangat Mama untuk tidak menyerah menjalani masa repotnya jadi Mama. Jika sudah merasa stres dan pusing, cobalah mengambil waktju sejenak untuk mengambil nafas panjang. Kegiatan sederhana ini sangat ampuh untuk menenangkan diri sebab asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh.Baca juga:  Wow, ini manfaat jika ayah ikut mengasuh anak!

Stres yang dirasakan oleh Mama juga bisa dipicu oleh diri Mama sendiri. Jangan membawa saat merawat bayi ini dengan hal-hal yang negatif. Perasaan tidak nyaman hanya berlangsung sebentar dan bisa diatasi dengan adaptasi yang cepat. Kemauan untuk beradaptasi harus berada di dalam diri Mama. Mama harus menerima bahwa harus repot dengan kehadiran si kecil.

Tak ada salahnya pula berbagi apa yang Mama rasakan dengan orang lain. Orangtua dan kerabat yang pernah mengalami hal yang sama pasti memahami apa yang Mama rasakan. Biarkan Mama membuka diri dan jangan sungkan meminta bantuan dalam bentuk apapun. Jangan merasa bahwa Mama bisa melakukannya sendiri dan bukan berarti Mama adalah orangtua yang buruk ketika meminta bantuan orang lain.Baca juga: 4 perawatan penting bayi baru lahir

Mengatasi repotnya mengurus bayi bisa dilakukan dengan mengingat ikatan batin yang terjalin antara Mama dan si kecil. Ingatlah bahwa selama 9 bulan Mama telah merawat dan bersama dengannya serta menanti hari kelahirannya. Jangan sampai Mama tidak memedulikan si kecil karena merasa terlalu repot. Menjalin ikatan akan berpengaruh pada kecerdasan anak di kemudian hari.

(Niken/Kid Spot)