Kiat Merawat Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat

By Gisela Niken, Jumat, 29 April 2016 | 01:05 WIB
Kiat Merawat Rambut Bayi Agar Tumbuh Sehat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kira-kira kapan ya rambut bayi tumbuh? Mungkin ini jadi pertanyaan umum yang Mama pikirkan ketika melihat rambut si kecil yang halus. Beberapa bayi bahkan akan terus botak hingga usia beberapa bulan. Selain itu, Mama juga harus mengetahui cara merawat rambut bayi yang tepat agar tumbuh dengan sehat.Baca juga: Biar tebal, cukur rambut bayi?

Sebenanrya sulit memprediksi kapan rambut bayi akan tumbuh sebab pola pertumbuhan setiap anak berbeda-beda. Sebagian bayi mungkin berambut sangat tebal namun ada pula yang tipis bahkan tidak memiliki rambut. Bayi juga bahkan mengalami rambut rontok pada 6 bulan usia pertamanya. Ketika rambut tumbuh kembali, bentuk dan tekstur rambut bisa berubah juga lo, Mam.

Lalu, mengapa bayi bisa mengalami rambut rontok? Perubahan hormon menjadi salah satu faktor utama mengapa terjadi kerontokan. Biasanya rambut yang rontok akan kembali tumbuh lebat pada usia 9 hingga 12 bulan. Namun, tak jarang pula anak terus mengalami kebotakan hingga usia 1 tahun. Perbedaan perubahan hormon dan perkembangan tubuh menjadi faktor utamanya. Kebotakan bukan menjadi masalah jika tidak menimbulkan kemerahan pada kulit kepala.Baca juga: Penyebab rambut bayi tipis

Kebotakan pada bayi juga disebabkan bayi yang sering tidur sehingga kepala mereka ada berada di bagian bawah. Mama bisa mencegah terjadinya kerontokan rambut berlanjut dengan membuat bayi bangun dan tengkurap saat ia bangun. Terlalu banyak tidur membuat rambut semakin sering rontok. Mama juga perlu menjaga kesehatan kulit kepala bayi sebab kulit bayi sangat rentan kering. Pijat kepala bayi sebelum mencuci rambut untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Bagaimana jika bayi sulit untuk keramas? Mama bisa membawa mainan kesukaannya agar ia fokus pada mainan bukan pada sampo yang diberikan. Jangan gunakan terlalu banyak sampo karena akan membuat kulit jadi kering. Waktu mandi untuk bayi juga jangan berlama-lama karena sisa sampo dapat menempel pada kulit kepala bayi.Baca juga: Mama, tolong cukur rambut bayi setelah 7 hari, ini alasannya!

Merawat rambut bayi dimulai dengan pemilihan sampo yang tepat untuk bayi. Pilih sampo yang sesuai dan tidak menimbulkan iritasi khususnya pada bagian mata. Usahakan gunakan sampo yang mencakup kondisioner. Sehingga, Mama tak perlu lagi memakaikan bayi konditioner karena akan membuat kulit bayi semakin banyak terpapar bahan kimia.

(Niken/New Kids Center)