Tahapan Anak Berjalan Mulai Dari Belajar Duduk Hingga Melakukan Langkah Pertama

By Debora Julianti, Selasa, 25 Januari 2022 | 15:37 WIB
Anak belajar merangkak (freepik)

Nakita.id – Moms pada dasarnya memang pertumbuhan setiap anak berbeda-beda.

Ada yang pada saat menginjak satu tahun sudah bisa jalan, namun ada juga yang umur 1 tahun baru tumbuh gigi dan masih belajar merangkak.

Hal tersebut merupakan normal pada pertumbuhan anak.

Menurut Dr. William Jayadi Iskandar Sp.A, selaku dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah saat diwawancara dengan Nakita, Senin (24/01/2022) biasanya bayi akan merangkak diusia 8-12 bulan.

“Bayi biasanya akan mulai merangkak pada usia 8-12 bulan iya. Setidaknya ketika anak sudah mulai bisa mengangkat kepalanya dan mulai bisa menahan badannya, biasanya anak sudah mulai bisa merangkak”ujar Dr. William.

Namun Dr. William juga menambangkan jika tidak semua anak melewati fase merangkak.

“Nyatanya memang tidak semua anak mengalami yang Namanya fase merangkak. Seperti saya sendiri, pada saat bayi saya tidak merangkak, saya tidak bisa mengontrol diri saya ketika ingin merangkak, setiap ingin merangkak saya malah nyusruk kedepan. Tapi ibu saya mengajarkan saya berjalan dengan merambat berpegangan tembok”tambah  Dr. William.

Walau tidak melewati  fase merangkak, bayi tetap bisa dinyatakan normal selagi mereka aktif menggerakkan keempat anggota tubuh.

“Bayi tidak masalah jika tidak melewati fase merangkak, yang penting mereka tetap aktif menggerakkan 4 bagian anggota tubuhnya, 2 kaki dan 2 tangan mereka secara simetris atau singkron. Tidak ada satu sisi yang diseret-seret atau juga satu sisi yang lemah dari yang lain. Selagi hal tersebut masih aman, maka berarti tidak masalah bayi tersebut tidak merangkak” kata Dr. William.

Baca Juga: 4 Cara Mudah untuk Melatih Batita Berjalan, Yuk Coba Sekarang Moms!

Maka dari itu Moms harus mengerahui tahapan anak berjalan yang perlu kita perhatikan.

Mengangkat Kepala