Cara Menyembuhkan Sesak Napas Akibat Asma dalam Hitungan Menit, Modalnya Cuma Tempe yang Dikonsumsi Begini

By Shinta Dwi Ayu, Jumat, 28 Januari 2022 | 13:29 WIB
Cara menyembuhkan sesak napas akibat asma. (Freepik)

Nakita.id - Jangan dulu panik, begini cara menyembuhkan sesak napas akibat asma. Asma merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit kronik saluran pernapasan. Seseorang yang menderita asma kerap kali mengalami sesak napas. Selain sesak napas, biasanya Moms atau Dads yang menderita asma juga akan merasakan dada yang begitu berat, dan juga batuk pada malam atau dini hari. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya penyempitan di saluran pernapasan. Ketika asma kambuh kebanyakan orang akan merasa begitu panik dan juga tersiksa. Pasalnya, sesak napas akibat asma bisa datang kapanpun secara tiba-tiba dan sangat menganggu. Terutama jika kumat di malam hari, Moms atau Dads pun akan kesulitan tidur.

Baca Juga: Asma Pada Ibu Hamil Bisa Sebabkan Preeklamsia, Segera Cari Tahu Gejala dan Cara Mengatasinya Agar Tidak Terlambat

Biasanya para penderita asma akan mengandalkan alat hisap atau inhaler untuk meredakan penyakit tersebut. Terdapat dua jenis inhaler, ada yang digunakan untuk mencegah ataupun meredakan. Inhaler yang digunakan untuk mencegah cenderung digunakan setiap hari agar penyakit asma tidak mudah kambuh. Sedangkan yang inhaler yang digunakan untuk meredakan adalah dipakai saat asma kambuh dan Moms kesulitan bernapas. Salah satu faktor yang membuat asma mudah kambuh adalah banyaknya debu di dalam rumah. Selain itu, perubahan cuaca atau penggunaan obat semprot pemburuh serangga yang memiliki bau menyengat juga bisa membuat asma cepat kambuh. Biasanya juga, seseorang bisa menderita asma karena faktor keturunan. Mungkin para penderita asma kerap kali bosan menggunakan inhaler ataupun minum obat ketika penyakit tersebut kambuh. Karena pada dasarnya, asma merupakan penyakit jangka panjang dan sulit disembuhkan.

Baca Juga: Ternyata Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi untuk Mengatasi Asma pada Anak

Maka dari itu, kali ini Nakita.id akan memberitahu bagaimana cara menyembuhkan asma tanpa harus lagi menggunakan inhaler. Untuk meredakan sesak napas akibat asma Moms bisa memanfaatkan bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah tempe.

Manfaat tempe untik sembuhkan asma.
Untuk membuat asma cepat sembuh dan jarang kumat, Moms dan Dads wajib sekali menjaga kesehatan paru-paru. Nah, kesehatan paru-paru ini dipengaruhi oleh serat dan asam lemak di aliran darah. Melansir dari Tribunnews, tempe mengandung serat alami yang sangat penting untuk mengurangi tingkat peradangan akibat respon pernapasan. Sebuah studi membuktikan bahwa serat fermentasi dari tempe memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah. Untuk menyembuhkan sekaligus mencegaj asma Moms bisa rajin mengonsumsi tempe saja. Tempe bisa Moms olah dengan cara direbus, dikukus, ditumis, ataupun digoreng sesuai selera saja.

Baca Juga: Mulai Mengenalkan MPASI pada Anak Usia 6 Bulan? Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini Moms