Yang Perlu Mama Lakukan Agar Batita Cepat Bicara

By Gisela Niken, Selasa, 12 April 2016 | 05:50 WIB
Yang Perlu Mama Lakukan Agar Batita Cepat Bicara (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tahukah Mama bahwa orangtua memainkan peran penting dalam perkembangan bahasa anak? Untuk itu, Mama dan Papa perlu mengetahui cara agar anak cepat bicara. Cara ini merupakan langkah yang mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Siapa sangka stimulus sederhana ini akan mendukung perkembangan bahasanya.Baca juga: Kapan anak lancar bicara?

Anak usia 1 hingga 2 tahun memiliki kemampuan menangkap segala sesuatu di sekitarnya. Hal tersebut membuat Mama perlu sering berbicara dengannya. Tak perlu sepanjang hari mengajaknya bicara.  Semakin sering kata-kata keluar dari mulut Mama, semakin banyak kosakata yang ia dapatkan. Cara ini bahkan bisa dilakukan bagi Mama dan Papa yang sibuk kerja. Meluangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk berbicara dengan si kecil juga sangat membantu.

Selain itu, jangan membuat anak sering mengoceh dengan kata-kata yang tidak jelas. Usahakan untuk membantunya mengucapkan kata-kata dengan benar. Jika Mama hanya diam saja, ia akan menganggap apa yang ia katakan sudah benar. Saat Mama membalas apa yang ia katakan, si kecil biasanya akan meniru dan ikut membalas dengan kata-kata yang lebih jelas.Baca juga: Tahap perkembangan bahasa batita yang normal terjadi

Membaca juga menjadi cara untuk menambah kosa katanya. Siapkan buku cerita yang penuh gambar dan warna. Luangkan waktu sejenak untuk membacakan cerita tersebut. Mama juga perlu memilih buku cerita yang sesuai di mana memiliki kosa kata sederhana. Kata-kata sederhana akan membantu anak cepat memahami dan menirukan.

Saat berbicara pada si kecil, usahakan gunakan pertanyaan mudah dan gunakan objek. Misalnya ketika menawarkan jeruk, ambil jeruk dan berikan padanya. Hal itu akan membuatnya memahami arti kata jeruk. Setelah ia menjawab, Mama juga harus memberikan respon yang positif. Respon bisa dalam berupa ucapan atau ekspresi. Anak akan merasa dihargai ketika ia menerima respon.Baca juga: Lakukan ini jika anak terlambat bicara

Langkah-langkah mudah di atas juga bisa dibarengi dengan cara menyenangkan seperti dengan bernyanyi dan dengan suara-suara di sekitarnya. Stimulus ini juga sangat bermanfaat untuk membangun kedekatan serta ikatan Mama dengan si kecil. Cara agar anak cepat bicara ini juga punya manfaat lain yakni mengasah pengetahuan dan kemampuan sosial anak.

(Niken/New Kids Center)