Si Kecil Sekolah Sebelum Waktunya, Apa Manfaatnya?

By Dini, Senin, 11 April 2016 | 02:20 WIB
Si Kecil Sekolah Sebelum Waktunya, Apa Manfaatnya? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Ada banyak alasan mengapa orangtua sekarang cenderung memasukkan anak-anak mereka ke pendidikan prasekolah, baik playgroup, PAUD, maupun TK. Misalnya saja, karena si kecil punya adik bayi sehingga Mama merasa kewalahan  untuk terus mengawasi si kakak, menganggap si kecil kurang bersosialisasi atau tidak punya teman, atau hanya untuk mengikuti kebijakan pemerintah.

Baca: Kapan Anak Boleh Mulai Sekolah?

Apa pun itu, mengikuti pendidikan prasekolah memang bisa memberikan banyak manfaat bagi si kecil, dan juga untuk Mama tentunya. Menurut pakar pendidikan PAUD dari Inggris, Emma Kindreston, seperti dimuat di Daily Mail, berikut manfaat jika anak sekolah sebelum waktunya, atau mengikuti sekolah informal:

* Memberikan tempat yang aman untuk si kecil. “Sekolah” jelas memiliki izin, guru-gurunya disupervisi (sebagian besar kelas dan kelompok memiliki guru lebih dari satu), dan kepala sekolah bertugas mengawasi seluruh kegiatan di sekolahnya. Peraturan dan pengaturan tersebut tentunya akan membuat Mama merasa yakin dan tenang untuk melepas si kecil selama beberapa waktu. Selain  itu, anak Mama juga akan mendapatkan manfaat dari formalitas tersebut.

* Membuat Mama Papa dan si kecil lebih disiplin. Dengan adanya peraturan yang tegas untuk diikuti orangtua (seperti: jam mengantar dan menjemput si kecil), mengeluarkan biaya masuk yang tidak terlalu tinggi, serta memiliki kesempatan bertemu orangtua lain yang bisa memberikan Mama lebih banyak pengetahuan dan berbagi pengalaman soal pengasuhan anak, misalnya.

Baca: Usia 2 Tahun, Anak Sudah Boleh Sekolah?

* “Sekolah” menyediakan beragam aktivitas menyenangkan. Misalnya: bernyanyi, menari, melukis, membuat patung sederhana, mendongeng, bermain bebas (baik di dalam maupun di luar ruangan), serta berbagai aktivitas lainnya (misalnya, drum band) yang dirancang untuk mengenalkan banyak keterampilan berbeda kepada anak. Selain itu, di “sekolah”, anak-anak juga bisa mempelajari sejumlah pendidikan dasar, seperti mengenal angka dan huruf. Guru-guru prasekolah telah dibekali ilmu pendidikan TK/PAUD, sehingga mereka tahu keterampilan apa yang diharapkan dikembangkan oleh anak dan membantu mereka untuk mencapainya.

* Si kecil punya kesempatan bersosialisasi. Jelas, anak akan punya banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosialnya lewat bersosialisasi dengan anak-anak lain yang umurnya sebaya.

Ternyata, meskipun si kecil sekolah sebelum waktunya, ternyata manfaatnya cukup banyak, kan?

(Santi Hartono)