Sederet Manfaat Makan Ikan Setiap Hari untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Kelahiran Prematur

By Kintan Nabila, Kamis, 3 Februari 2022 | 13:29 WIB
Manfaat makan ikan untuk kesehatan tubuh (Freepik.com)

Nakita.id - Ikan adalah bahan pangan yang kaya nutrisi dan bagus untuk kesehatan.Tahukah Moms, setiap bagian tubuh ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, lo! Bagian kulit ikan mengandung vitamin A dan B2 yang bisa meningkatkan sistem imun. Kepala dan mata ikan mengandung polyscharida yang berfungsi mengontrol aliran darah. Sementara itu, perut ikan mengandung lemak omega-3 yang bisa mencegah penyempitan pembuluh darah.

Melansir dari The list, berikut sejumlah manfaat makan ikan yang bagus untuk kesehatan.

1. Meningkatkan fungsi otak Asam lemak omega-3 pada ikan bagus untuk mencegah sel-sel otak dari kerusakan. Menurut studi yang diterbitkan di Jama Neurology, mengonsumsi ikan setiap hari juga bisa mengatasi penurunan kognitif yang terjadi karena penuaan.  Baca Juga: Mitos atau Fakta Terlalu Banyak Makan Ikan Bisa Sebabkan Cacingan pada Si Kecil? Ini Penjelasan Dokter 

2. Menjaga kesehatan mata Mengonsumsi ikan secara rutin mampu mencegah penyakit degeneratif yang berkaitan dengan proses penuaan. Misalnya, pada pengelihatan yang mulai kabur semakin seiring bertambahnya usia. Asam lemak omega-3 pada ikan dapat mencegah degenerasi makula yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan. 3. Baik untuk kesehatan janin Kandungan dalam ikan juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, makanan ini juga dapat mencegah kelahiran prematur. Namun, perlu dicatat sebaiknya ibu hamil mengomsumsi ikan dengan merkuri rendah seperti salmon, sarden dan trout. Moms boleh mengonsumsi ikan dalam takaran rendah, sekitar 12 ons per minggu.

Baca Juga: Mitos vs Fakta Kehamilan yang Perlu Moms Tahu, Apakah Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Ikan Laut?

4. Meningkatkan kesehatan jantung Sejumlah penelitian menyatakan bahwa, makan ikan secara rutin bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan bisa menurunkan risiko penyakit gagal jantung. 5. Menurunkan risiko stroke Ikan mengandung kolesterol yang rendah, sehingga bida mencegah risiko penyempitan pembuluh darah yang memicu stroke.

6. Menjaga kesehatan mental

Protein dalam ikan juga bisa membantu menjaga kesehatan mental, seperti mengurangi depresi. Selain itu, kandungan vitamin D didalamnya juga bisa menyehatkan tubuh dan membuat kita bahagia. Menurut sejumlah penelitian, orang-orang yang tidak bahagia, rata-rata kekurangan vitamin D. 

Baca Juga: Moms, Tolong Jangan Ragu Lagi Beri Makan Ikan untuk Si Kecil, Ahli Sudah Beberkan Faktanya