BMKG Beri Peringatan Dini, Jumat 4 Februari 2022 Ada 27 Wilayah yang Berpotensi Mengalami Cuaca Ekstrem Mulai dari Hujan Lebat hingga Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir, Daerah Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 3 Februari 2022 | 18:10 WIB
Prediksi cuaca BMKG untuk beberapa daerah untuk tanggal 4 Februari 2022 (Pixabay.com/ PublicDomainPictures)

Nakita.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan salah satu badan yang bertugas memantau ada cuaca ekstrem di Indonesia.

Benar saja pada Jumat (04/02/2022) BMKG beri peringatan adanya cuaca ekstrem.

Bukan tanpa alasan, BMKG memberikan peringatan adanya cuaca ekstrem agar masyarakat bisa waspada dan lebih berjaga-jaga.

Sebagai informasi, Indonesia sendiri memiliki 2 musim, hujan dan kemarau.

Sekarang pada bulan Februari hampir seluruh wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan.

Artinya banyak wilayah yang sekarang diguyur hujan mulai dari intensitas sedang hingga tinggi.

Moms tentu wajib berjaga-jaga karena jika tidak Moms bisa saja mengalami kehujanan saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Dengan adanya peringatan dari BMKG, Moms harusnya bersyukur karena bisa tahu cuaca ekstrem apa yang akan melanda Indonesia.

Seperti pada Jumat (04/02/2022), BMKG beri peringatan cuaca ekstrem di 27 wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Tanda Bahaya Diserukan BMKG, Rabu 26 Januari 2022 Akan Ada 26 Wilayah di Indonesia Mengalami Cuaca Ekstrem

Mengutip dari BMKG, Bibit Siklon Tropis 99S terpantau di Australia bagian barat yang menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga mencapai >25 kt di pesisir barat Australia.

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa Barat, dari Riau hingga Bengkulu, dari Kalimantan Tengah hingga Selat Makassar bagian selatan, dari Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Sulawesi Utara, dan dari perairan utara Papua hingga Papua.