Hindari 4 Kesalahan Fatal ini Saat Membersihkan Botol Susu Si Kecil, Awas Penyakit Mengintai

By Kusmiyati, Kamis, 3 Mei 2018 | 08:00 WIB
Jangan sampai melakukan 4 kesalahan ini saat mencuci botol susu. (iStock)

Nakita.id – Kehadiran si Kecil ke dunia merupakan momen bahagia yang tak akan terlupakan. Kebahagiaan dalam rumah tangga pun semakin lengkap dengan tawa dari sosok mungilnya.

Meskipun demikian, momen kebahagiaan itu bisa menjadi momen yang rentan bahaya apabila kesehatan Si Kecil tidak diperhatikan dengan baik. Untuk itu Bunda harus memerhatikan kebersihan dan menjaga kesehatan untuk si Kecil. Sebab, di awal kehidupannya terutama 1000 hari pertama, Si Kecil rentan akan bahaya penyakit.

Penyakit berbahaya mengintai Si Kecil, salah satunya adalah diare.

Di antara berbagai penyebab, diare pada bayi bisa terjadi karena kesalahan mencuci botol susu bayi sehingga menyebabkan bayi sakit. Diare merupakan salah satu pembunuh utama balita di dunia juga di tanah air.

Diare yang terjadi akibat kotoran tersisa pada botol susu bayi bisa terjadi karena orangtua kerap melakukan 4 kesalahan fatal berikut ini.

1. Tidak membersihkan seluruh bagian botol dengan bersih.

Bila botol susu tidak dijaga kebersihannya atau salah dalam mencucinya maka si Kecil rentan terkena penyakit diare. Penting bagi Bunda untuk mengingat bahwa seluruh bagian botol harus dibersihkan.

Banyak Bunda yang hanya fokus pada pembersihan area botol dan dot, tapi melupakan bagian leher pengencang dot atau gelang dot pada botol. Padahal, saat Bunda membersihkan, semua bagian botol harus dilepas dan dibersihkan satu per satu. Nah, bagian gelang dot yang berulir ini sering luput dibersihkan.

2. Tidak menggunakan air mengalir saat membilas

Banyak Bunda mengira kalau mencuci botol susu dan perlengkapan makan si Kecil memerlukan perlakuan yang sama dengan mencuci peralatan dapur lainnya.

Kesalahan utama adalah biasanya Bunda hanya merendamnya di dalam wadah. Padahal, kebiasaan itu akan membuat kotoran menempel lagi.

Selain membuat usaha mencuci menjadi sia-sia, kotoran yang menempel kembali dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Air mengalir akan membuat kotoran dan sisa-sisa kotoran yang menempel akan tersapu bersih.