Tanda Anak Sudah Cukup Kenyang

By Dini, Senin, 4 April 2016 | 09:20 WIB
Tanda Anak Sudah Cukup Kenyang (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Banyak panduan memberi makan bayi dan batita yang bisa Mama peroleh dari buku-buku atau internet. Disebutkan bahwa pola makan anak berkaitan dengan perkembangan otak dan stabilitas mental, juga risiko obesitas dan kondisi kesehatan lain.

Namun, bagaimana memastikan anak sudah cukup kenyang dan tidak terlalu banyak makan? Nah, begini menurut para pakar mengenai porsi makan yang pas untuk bayi, batita, dan balita.

Sudah tak mau makan"Anak-anak tidak perlu diajari seberapa banyak harus makan," tutur Eileen Behan, RD, dalam buku The Baby Food Bible. "Namun Anda harus mendukung hal ini dengan menunjukkan pada mereka bagaimana mengenali rasa kenyang dan puas, dengan memberi mereka makan ketika lapar dan membiarkan mereka berhenti makan ketika mereka terlihat kenyang."

Makan sedikit tapi seringKetika memberi makan bayi, perlu Mama ingat bahwa si kecil akan cepat kenyang tetapi tak lama kemudian akan menunjukkan rasa lapar lagi. Karena kapasitas perut bayi masih kecil, mereka perlu makan sesuai kebutuhan. Semakin ia tumbuh, anak perlahan akan makan lebih banyak dan memperpanjang jeda waktu makan. Pada akhirnya, Mama dapat memberinya makan pada jam makan yang sudah teratur. Meskipun begitu, anak biasanya tidak siap hanya dengan tiga kali makan dan dua kali ngemil sampai usianya setidaknya satu tahun.

Mama perlu memastikan anak diberi makanan yang paling bergizi sesuai tahapan usianya. Nutrisi diperlukan untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangannya yang cepat agar anak sudah cukup kenyang dan tidak menginginkan makanan manis dan junk food. Misalnya, bayi enam bulan tidak cukup lagi bila hanya diberi ASI, tetapi juga makanan lain seperti bubur buah, biskuit bayi, dan lain sebagainya. Si batita sudah bisa makan nasi dengan lauk pauk dan sayur, tidak cuma makan bubur bayi.

Kebutuhan makan anak bervariasi tergantung pada tinggi dan berat badannya, tingkat pertumbuhan dan aktivitasnya. Maka, panduan makan yang diberikan dalam buku-buku juga perlu dipandang sebagai standar rata-rata. Perlu Mama ingat, isyarat dari anak-anak sendiri adalah indikator yang akurat dari jumlah makanan yang ia butuhkan.

Mama tak perlu membatasi persediaan makanan sehat atau memaksanya makan segala sesuatu. Begitu si kecil sudah cukup besar untuk menikmati variasi makanan, cara terbaik untuk membiasakan makan makanan sehat adalah dengan memberinya variasi nutrisi dengan cara yang rileks. Biarkan ia memutuskan apa yang ingin dimakan dan menikmatinya. Ketika siang ini ia menyukai nasi dan ayam gorengnya tapi setelah habis separuh ia menyingkirkan piringnya, itulah tanda anak sudah cukup kenyang.

(Dini/New Parent)