Jangan Keluar Rumah Kalau Tak Penting, BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Kamis 10 Februari 2022, Ada 26 Wilayah Berpotensi Mengalami Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 9 Februari 2022 | 18:25 WIB
BMKG beri peringatan akan adanya hujan lebat hingga angin kencang pada Kamis (10/02) (Pixabay.com/ WolfBlur)

Nakita.id - Hati-hati, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru saja memberikan peringatan cuaca ekstrem pada Kamis 10 Fenruari 2022.

Mengutip BMKG, ada 26 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Sementara, satu wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, yaitu di wilayah DKI Jakarta.

Hal ini karena terdapat bibit siklon tropis 93S terpantau di Samudera Hindia selatan Banten yang yang menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) di sekitar sistem tersebut.

Potensi sistem untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori sedang yang bergerak ke arah selatan barat daya menjauhi wilayah Indonesia.

Pusat Tekanan Rendah terpantau di perairan barat Australia yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Australia bagian barat.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten dan di Australia bagian utara yang membentuk daerah konvergensi yang terpantau memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten dan dari Laut Timor hingga Laut Arafuru.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan timur Semenanjung Malaysi hingga Riau, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Laut Jawa bagian timur hingga Selat Makassar bagian selatan, dari Laut Flores hingga Laut Banda, dari Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga NTT, dari Laut Sulawesi hingga Selat Makassar bagian utara, di Halmahera, di Papua, dan dari Laut Aru hingga Laut Arafuru selatan Papua.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Kamis (10/2/2022) besok:

- Aceh

Baca Juga: Daftar Wilayah yang Akan Mengalami Cuaca Ekstrem pada Rabu 9 Februari 2022 dari BMKG, Ada 34 Wilayah, Mana Saja?

- Sumatera Barat

- Riau