Sering Kesemutan Saat Bangun Tidur jangan Dianggap Sepele! Waspadai, Kondisi Ini Isyaratkan Gejala Penyakit Diabetes

By Kintan Nabila, Jumat, 11 Februari 2022 | 09:18 WIB
Beberapa penyebab sering kesemutan setelah bsngun tidur (Freepik)

Nakita.id -  Pernahkah Moms merasakan kesemutan saat bangun tidur? Kondisi ini bisa terjadi ketika salah satu bagian tubuh tertindih saat tidur. Misalnya kaki, yakni dari daerah tumit sampai telapak kaki atau bisa juga di sekujur lengan. Akibatnya peredaran darah jadi tidak lancar karena adanya tekanan pada saraf yang menyebabkan kesemutan dan mati rasa. Meskipun tampaknya sepele, seringnya kesemutan setelah bangun tidur bisa dikaitkan masalah kesehatan tertentu. Nah Moms, berikut adalah penyebab Kenapa kita bisa mengalami kesemutan saat bangun tidur? 1. Diabetes mellitus Diabetes mellitus adalah penyakit kronis, dimana kadar gula darah salam tubuh cenderung tinggi. Ada sejumlah gejala diabetes yang perlu diwaspadai, misalnya kesemutan terutama di pagi hari, serta rasa nyeri, mati rasa, dan lemas pada anggota tubuh.

Baca Juga: Sering Dirasakan Tetapi Dianggap Sepele, Ternyata Kesemutan dan Beberapa Hal Ini Merupakan Gejala Diabetes

2. Kekurangan vitamin B12

Sering kesemutan di oagi hari juga bisa menjadi tanda bahwa kita kekurangan asupan vitamin B12.

Vitamin B12 berguna untuk menunjang fungsi otak dan sistem saraf pusat. Kekurangan vitamin B12 bisa disebabkan masalah kesehatan seperti gastritis dan penyakit autoimun. Gejala kekurangan vitamin B12 antara lain sering kesemutan, termasuk di pagi hari, otot lemas, serta nafsu makan menurun. 3. Penyakit spondilosis serviks leher Penyakit ini disebabkan cakram tulang belakang di leher sudah mulai aus. Biasanya, masalah kesehatan ini dialami oleh kalangan lansia. Selain kesemutan, tanda lain spondilosis serviks leger di antaranya leher kaku, serta tungkai dan kaki mati rasa.Baca Juga: Waduh Alarm Waspada Berbunyi, Ahli Beri Peringatan Soal Kaki Kesemutan yang Terus Menerus Ternyata Bisa Jadi Tanda Moms Mengidap Penyakit Ini

4. Neuropati perifer Neuropati perifer adalah penyakit yang disebabkan kerusakan pada sistem saraf tepi.

Saraf ini bertugas menerima dan mengirim sinyal antara sistem saraf pusat dan seluruh tubuh. Gejala neuropati perifer di antaranya sering kesemutan, terutama saat bangun tidur di pagi hari, rasa nyeri pada salah satu bagian tubuh dan kuping mendengung.

5. Penyakit sistemik Penyakit sistemik diantaranya gangguan ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah, penyakit darah, hipotiroid, kanker dan tumor yang menyerang saraf. Salah satu gejala penyakit sistemik yakni sering kesemutan, termasuk di pagi hari. 6. Penyakit autoimun Penyakit autoimun seperti sindrom guillain-barre, lupus, rheumatoid, arthritis, dan multiple sclerosis dan sering menimbulkan gejala umum seperti kesemutan di pagi hari.

Baca Juga: Semua Orang Pasti Nyesel karena Baru Tahu Cara Hilangkan Kesemutan Ternyata Semudah Ini, Cukup Pakai Bahan-bahan Alami

Artikel ini telah tayang di Kompas dengan judul "Kesemutan Saat Bangun Tidur Tanda Penyakit Apa?"