Trik Membuat Anak Nyaman Makan di Restoran

By Gisela Niken, Senin, 4 April 2016 | 05:30 WIB
Trik Membuat Anak Nyaman Makan di Restoran (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Makan di luar rumah atau makan di restoran menjadi salah satu cara Mama untuk mengatasi kebosanan. Bagaimana jika mengajak anak yang masih batita? Tentu, Mama perlu trik-trik khusus untuk mengajak anak makan di restoran. Trik ini untuk memastikan waktu makan di luar rumah menjadi menyenangkan dan tidak membuat gaduh seisi restoran.Baca juga: Anak sulit makan? Ini solusinya

1.Tentukan restoran dari rumahSebelum pergi, pastikan Mama dan Papa sudah mengetahui restoran mana yang dituju. Mama juga bisa melakukan reservasi terlebih dahulu. Jika tidak sempat melakukan reservasi dan belum menentukan tujuan, usahakan pilih restoran yang antriannya tidak terlalu panjang. Menunggu akan merusak mood si kecil dan hanya membuat Mama repot mengurusi anak yang rewel.

2.Jangan memaksa restoranTidak semua restoran dapat dikunjungi oleh anak-anak. Jika Mama dan Papa ingin makan di restoran yang lebih formal dan punya table manner yang baik, Mama harus pikir-pikir ulang. Restoran yang terlalu formal dan tidak punya tempat fleksibel membuat anak jadi lebih rewel. Pilihlah restoran yang dipenuhi warna dan mungkin banyak objek yang bisa menarik perhatiannya.Baca juga: Ini kiat agar anak tak mengemut makanan

3. Berlatih di rumahMengajarkan anak mengenai bagaimana sikap yang baik di restoran menjadi sangat penting. Mama perlu memberi tahu soal rencana makan di luar bersama keluarga. Beri pengertian padanya bahwa restoran adalah tempat umum. Berikan pula hal-hal yang tidak boleh ia lakukan seperti berteriak. Mama bisa berpura-pura makan di restoran saat jam makan di rumah.

4.Jangan berikan gadgetWaktu makan di luar bersama keluarga ialah waktu berharga yang mungkin sulit untuk ditemukan. Oleh sebab itu, Mama dan Papa jangan sibuk dengan gadget apalagi memberikan gadget itu pada anak agar tidak rewel. Hal ini akan membuat waktu makan keluarga tidak menjadi pengalaman yang berharga untuk anak.Baca juga: Makan disembur-sembur, ini solusi mengatasinya!

5.Jangan khawatir jika gagalAnak malah menangis dan rewel saat makan. Mama tak perlu merasa gagal mengajak anak makan di restoran. Hal ini wajar terjadi lo, Mam. Sifat dan emosi anak yang belum stabil akan membuat ia berperilaku yang tidak sesuai harapan Mama. Jangan marah terlalu berlebihan karena akan memberikan ketakutan dan trauma tertentu.(Niken/Parent Map)