Siniar Obrolan Meja Makan: Belajar Parenting dalam Balutan Konten Audio yang Menghibur

By Poetri Hanzani, Selasa, 15 Februari 2022 | 15:19 WIB
Salah satu upaya tersebut adalah melalui peluncuran podcast baru, yaitu Obrolan Meja Makan yang bekerja sama dengan Nakita dan Nova pada 14 Februari 2022. (Press Release podcast OMM)

Nakita.id - Pada Juli 2021, Medio Podcast Network, yang merupakan bagian dari KG Media, dibangun untuk mengembangkan konten-konten berbasis audio.

Dengan slogan “Siniar Cerdas Tanpa Batas”, siniar Medio memiliki beragam konten, mulai dari berita, cerita anak-anak, drama fiksi, finansial, hingga cerita personal, yang disesuaikan dengan kebutuhan pendengarnya.

Medio terus mengupayakan agar konten-konten yang dihasilkan selalu kredibel dan informatif di tengah banjirnya informasi.

Salah satu upaya tersebut adalah melalui peluncuran podcast baru, yaitu Obrolan Meja Makan yang bekerja sama dengan Nakita dan Nova pada 14 Februari 2022.

Seperti namanya, siniar ini akan mengedukasi pendengar seputar isu pasangan, rumah tangga, hingga pengasuhan anak (parenting).

Tak kurang dari 14.517 kasus kekerasan terhadap anak tercatat di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) selama 2021.

Mayoritas kasusnya terjadi di lingkungan keluarga. Di Indonesia, parenting sendiri memiliki dinamika yang cukup serius.

Menurut penelitian Kiling-Bunga dkk. (2020) berjudul “Parenting Research in Indonesia: What We Have Done So Far”, orang tua di Indonesia masih memiliki kesulitan untuk menerapkan parenting yang baik dan adaptif.

Hal ini disebabkan karena adanya benturan antara nilai-nilai tradisional dan modern.

Baca Juga: Resmi Rilis Episode Perdana Podcast, Nakita.id Ajak Mom Influencer Berbincang Soal Cara Memotivasi Anak

Padahal, parenting yang buruk bisa membawa beragam dampak pada keluarga, khususnya anak.

Oleh karena itu, Devy Situmorang, GM Female and Children Media Grid Network, menjelaskan bahwa, “Podcast Obrolan Meja Makan ini diharapkan menjadi inspirasi keluarga dan sumber informasi parenting yang mudah diakses, yang hadir secara hangat dan akrab. Bahasan asyik penuh kedekatan ini bertujuan memberikan solusi problematika kehidupan keluarga. Semoga kehadirannya mampu mencerahkan dan menghangatkan, layaknya aroma nikmat “obrolan meja makan.