Awas, Banyak Batita yang Tidak Sengaja Menelan Obat-obatan!

By Gisela Niken, Senin, 28 Maret 2016 | 05:00 WIB
Awas, Banyak Batita yang Tidak Sengaja Menelan Obat-obatan! (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak usia 1 hingga 2 tahun memang senang memasukkan apa saja ke mulutnya. Meski berbahaya, hal ini sebenarnya sebagai bentuk perkembangan saraf motorik dan koordinasi tangannya. Namun, Mama perlu berhati-hari sebab sebuah penelitian terbaru mengungkapkan banyaknya kasus batita yang tidak sengaja menelan obat. Hal ini menjadi perhatian Mama untuk mencegah anak menelan obat-obatan.Baca juga: Trik mengatasi keadaan darurat pada bayi 

Sebuah laporan terbaru yang dirilis oleh Safe Kids Worldwide, sebuah organisasi global untuk mencegah cedera pada anak mengungkapkan lebih dari 60.000 anak usia 1 hingga 2 tahun masuk ke ruang gawat darurat setiap tahunnya akibat menelan obat-obatan. Menurut studi ini, tren batita tidak sengaja menelan obat terjadi sejak 30 tahun terakhir. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya obat yang dtemukan dan dikonsumsi oleh banyak orang.

Hal tersebut juga didukung oleh tren di mana anak-anak dititipkan pada kakek dan nenek.  Orang yang lebih tua punya pasokan obat yang jauh lebih banyak. Studi ini juga menunjukkan 45% anak-anak justru menelan obat milik kakek dan neneknya. Usia 1 hingga 2 tahun memang menjadi usia rentan terjadi kecelakaan. Sebanyak 7 dari 10 batita pernah mengalami cedera yang harus dibawa ke rumah sakit.

Berdasarkan studi, bayi menemukan obat di sekitar kotak obat, lantai, tas, meja atau perabot rumah lain yang mampu ia gapai. Namun, studi ini juga menemukan bahwa sudah banyak penyuluhan dan edukasi mengenai hal ini sejak tahun 2010. Hal tersebut membuat angka penurunan anak yang tidak sengaja menelan obat. Angka tersebut turun sebanyak 15.000 per tahun. Hal ini disebabkan peningkatan kesadaran bahwa anak harus terus dalam pengawasan.Baca juga: Yang harus Mama lakukan agar bayi aman di rumah 

Lalu, bagaimana untuk mencegah anak menelan obat-obatan? Mama harus memilih wadah obat-obatan yang terkunci sehingga anak sulit untuk membuka obat-obatan tersebut. Selain itu, simpan obat di tempat yang sulit dijangkau seperti tempat yang tinggi. Selain itu, Mama juga perlu menyadari obat-obatan berbahaya selain obat dalam bentuk pil atau tablet seperti obat tetes mata dan hand sanitizer(Niken/What To Expect)