Ini Masalah Gigi yang Mungkin Terjadi Pada Batita

By Gisela Niken, Selasa, 22 Maret 2016 | 04:15 WIB
Ini Masalah Gigi yang Mungkin Terjadi Pada Batita (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Gigi yang sudah mulai tumbuh lengkap tidak lantas bebas dari masalah. Setelah melewati masa-masa gigi tumbuh yang menyakitkan, saatnya masuk ke dalam masalah gigi pada batita. Mama perlu mengetahui masalah gigi tersebut agar cepat dan mengetahui cara yang tepat untuk menanganinya.Baca juga: Terdapat 5 kesalahan orangtua dalam merawat gigi anak 

Masalah gigi yang sering ditemui ialah pembusukan gigi yang terlalu dini. Pembusukan gigi tersebut memang rentan terjadi pada anak. Dr. Elizabeth Palmer seorang dokter gigi anak mengatakan pembusukan ini terjadi akibat infeksi bakteri yang menyebar melalui saraf dan pembuluh darah. Jika tidak ditangani, pembusukan gigi ini dapat menyebar ke tulang rusuk dan terjadi infeksi di daerah tubuh lain.

Tiga faktor penyebab pembusukan gigi antara lain faktor genetik, terlalu banyak makan makanan manis dan bakteri. Gula yang menempel pada gigi menghasilkan asam yang dapat menyerang gigi anak yang rentan. Oleh karena itu, gigi anak menjadi rentan terjadi pembusukan. Bakteri pun dapat datang dari sekitar anak seperti peralatan makan dan minum yang tidak higienis.

Mama perlu juga membatasi makanan gula. Tak hanya gula, fermentasi karbohidrat seperti biskuit dan sereal juga dapat memicu terjadinya pembusukan gigi. Untuk mengatasinya, Mama perlu menggosok gigi si kecil dengan pasta gigi. Menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi sangat diperlukan mengusir bakteri. Selain itu, hal ini dapat mengajarkan kebiasaan baik sejak dini.

Anak usia 2 hingga 3 tahun juga rentan mengalami perubahan warna gigi. Untungnya, perubahan warna pada gigi ini dapat diatasi dengan cepat. Asalkan si kecil rajin membersihkan gigi, warna gigi akan kembali normal. Gusi yang masih rentan juga berpotensi terjadi pendarahan. Salah satu faktornya ialah tidak menggunakan sikat gigi yang cocok.Baca juga: Hati-hati! Makanan ini membuat gigi jadi kuning 

Masalah gigi pada batita bisa diatasi dengan cepat sejak dini sebab giginya yang masih dapat diubah dengan mudah. Menanamkan kebiasaan baik sangat penting bagi kesehatan si giginya. Memilih sikat gigi hingga melakukan gosok gigi dengan menyenangkan akan membantunya memahami betapa penting dan bergunanya menjaga kesehatan gigi. (Niken/Parent Map)