Ayah Harus Berperan Sama dengan Ibu di Meski Anak Masih dalam Kandungan, Ini Pentingnya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 21 Februari 2022 | 13:29 WIB
Berperan Sama dalam kehidupan si Kecil sejak masih dalam kandungan (Pexels)

Nakita.id - Masa kehamilan seorang perempuan merupakan masa paling penting untuk menunjang masa depan anaknya yang lahir kelak.

Oleh sebab itu, di masa itu orang tua harus benar-benar memberikan hal terbaik bagi anak-anaknya sejak dalam kandungan.

Selain saat hamil, seribu hari pertama tersebut bisa disebut sebagai pembentukan berbagai pondasi bagi anak, mulai dari pondasi kesehatan, pertumbuhan tubuh, otak, dan perkembangan anak juga sangat penting dilakukan.

Bagi Moms, penting untuk memperhatikan berbagai asupan nutrisi sejak janin di dalam kandungan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain Moms, Dads juga harus #BerperanSama selama masa kehamilan.

Keterlibatan Dads dalam kehamilan dan bahkan 1000 hari pertama kehidupan anak ini sangat penting untuk memberikan dukungan praktis dan emosional bagi Moms, juga bagi si Kecil.

Bahkan harusnya hal ini sudah berjalan sejak Moms hamil karena peran Dads akan banyak memengaruhi kehamilan dan perkembangan janin ke arah yang positif.

Mengutip dari Parents, berbagai penelitian membuktikan bahwa Dads yang #BerperanSama memengaruhi kehamilan dan perkembangan janin ke arah positif.

Salah satunya akan berpengaruh pada berat badan anak akan lebih tinggi dan menurunkan risiko lahir prematur.

Baca Juga: Ketika Moms juga Bekerja, Dads Bisa Berperan Sama Mengurus Anak dengan Cara Ini

Contoh upaya mendukung dan #BerperanSama tersebut mulai dari membantu Moms mencari perawatan prenatal lebih awal, makan lebih sehat, lebih banyak berolahraga, serta menghindari alkohol dan merokok.

Selain itu, Dads juga harus berperan selama periode setelah melahirkan.