Ini Cara Komunikasi Anak Usia 1 Tahun

By Gisela Niken, Senin, 14 Maret 2016 | 07:00 WIB
Ini Cara Komunikasi Anak Usia 1 Tahun (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Memahami gaya komunikasi anak usia 1 tahun perlu diperhatikan oleh setiap orang tua. Meski belum berbicara dengan lancar, anak berusia 1 tahun dapat memahami apa yang dikatakan kepada mereka dan dapat mengekspresikan apa yang mereka inginkan melalui gerak tubuh. Berikut cara komunikasi anak usia 1 tahun.

Pada usia 1 tahun, rata-rata anak mampu mengeluarkan kata-kata mereka. Namun, Mama tak perlu terlalu memaksanya berbicara. Pada fase ini, anak juga belajar berjalan. Di usia ini, anak lebih mendengarkan kata-kata yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, Mama perlu sering membacakan cerita untuknya agar kosakata yang ia pelajari beragam. Meski belum mampu mengatakan banyak kata, anak usia 1 tahun sudah memahami apa yang Mama katakan.Baca juga: 6 Stimulasi Agar Anak Cepat Bicara 

Hal ini akan terus berkembang hingga usia 2 tahun. Di usia 2 tahunnya, anak bisa mengucapkan 50 kata lebih, mengucapkan rangkaian kata dan kalimat meski belum sempurna. Sebelum mencapai tahap ini, Mama dapat merangsang tahap perkembangan komunikasinya. Caranya cukup mudah lo, Mam. Mama hanya perlu berbicara kata-kata yang sederhana dan jelas seperti makan, minum, terima kasih dan lain-lain.

Anak berusia 1 tahun akan jauh lebih senang melakukan gerakan untuk berkomunikasi seperti menunjuk gambar yang ia inginkan. Ia akan senang meniru gerakan dan menggunakan mimik muka untuk mengekspresikan diri. Saat itulah Mama perlu memberikan tanggapan agar komunikasi dengannya terjalin. Misalnya saat ia menunjuk susu katakan padanya “Kamu ingin minum susu? Baiklah” Rangsangan untuk berkomunikasi ini sangat diperlukan. Kosa kata pada anak juga akan semakin bertumbuh cepat dengan cara ini.

Lalu, bagaimana mengetahui bahwa perkembangan komunikasi si kecil normal? Mama bisa memerhatikan beberapa hal berikut. Di usia 15 hingga 18 bulan, anak bisa mengucapkan beberapa kata. Di usia 18 bulan, anak sudah mampu menunjuk orang di sekitarnya, bagian tubuh hingga benda. Jika anak terlambat bicara, Mama tak perlu khawatir anak menderita autisme. Tak selamanya anak terlambat bicara berarti menderita autisme.Baca juga: Benarkah Anak Terlambat Bicara Pasti Menderita Autisme?

Terlambat bicara juga dipengaruhi oleh berbagai hal seperti terdapat kelainan intelektual hingga kelainan bahasa yang dibawa dari lahir. Untuk itu, Mama perlu membawanya ke dokter untuk melakukan terapi lebih lanjut. Itu dia cara komunikasi anak usia 1 tahun. Perkembangan bahasa yang baik sejak dini akan membantu perkembangan otak dan cara belajarnya di kemudian hari. (Niken/Kids Health)