Trik Membawa Anak Ke Bioskop Pertama Kali

By Gisela Niken, Jumat, 11 Maret 2016 | 02:14 WIB
Trik Membawa Anak Ke Bioskop Pertama Kali (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sering melihat anak rewel dan menangis saat diajak menonton bioskop? Ya, jangan biarkan itu terjadi pada Mama dan si kecil.  Kuncinya, Mama perlu beberapa persiapan membawa anak ke bioskop pertama kali agar waktu menonton film bersama ini jadi menyenangkan. Berikut persiapannya:

1. Pastikan Anak SiapSebenarnya umur berapa anak siap untuk menonton film di bioskop? Sebenarnya tergantung bagaimana kesiapan masing-masing anak. Jika ia sudah bisa duduk tenang, Mama bisa tenang membawa si kecil ke bioskop. Namun, secara umum anak siap datang ke bioskop pertama kali pada usia 3 hingga 4 tahun. Selain itu, pastikan ia tidak takut akan gelap dan siap dengan suara yang cukup bising di bioskop.Baca juga: Mam, Jangan Biarkan Anak Sering Menonton Kartun 

2. Memilih FilmPastikan Mama dan Papa memilih film yang tepat. Mama juga tak perlu mengejar film-film yang jadi box office. Pertama-tama pastikan jalan cerita yang sesuai dan dimengerti anak. Hindari film-film yang mengandung aksi kekerasan. Untuk itu, Mama dan Papa harus melihat sinopsis dan trailer film tersebut. Untuk pengalaman pertama menonton, pastikan ia nyaman dengan situasi bioskop.

3. Jangan menonton iklanSebelum film diputar, bioskop biasanya memutarkan iklan dan trailer beberapa film. Tayangan ini banyak mengandung konten kekerasan hingga pornografi. Hal ini bukanlah permulaan yang baik ketika mengajaknya menonton bioskop pertama kali. Untuk itu, lewatilah saat ini dan masuk ke bioskop tepat film benar-benar dimulai

4. Rencanakan waktu yang tepatJadwal bioskop di siang hari merupakan waktu yang tepat. Anak biasanya akan bangun lebih pagi dengan pengalaman baru. Oleh karena itu, Mama jangan sampai terlalu banyak membuatnya menunggu. Selain itu, menonton terlalu sore juga mengganggu waktu istirahat sorenya. Sebelum menonton, pastikan ia sudah cukup makan makanan berat. Selama di bioskop, Mama bisa memberikannya permen dan popcorn. Jangan lupa menyeimbangkan makanan ringan tersebut dengan minum air putih yang cukup.

5. Jangan memaksaMama dan Papa bukanlah orangtua pertama keluar bioskop sebelum pemutaran film selesai karena si kecil yang rewel. Jangan memaksa anak untuk tetap diam di bioskop. Bawalah keluar agar tidak mengganggu penonton lain. Tak perlu merasa rugi telah mengeluarkan tiket. Anak perlu menyesuaikan suasana baru. Tidak ada salahnya pula mencoba datang ke bioskop di waktu lain.

Itu dia beberapa trik yang bisa Mama lakukan sebagai persiapan membawa anak ke bioskop pertama kali. Bermain ke tempat umum tak hanya mengajarkan padanya sesuatu yang menyenangkan. Anak akan belajar bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan sosial yang baru.

(Niken/ Common Sense Media)