Membiasakan Batita Tidur Siang

By Gisela Niken, Kamis, 3 Maret 2016 | 02:00 WIB
Membiasakan Batita Tidur Siang (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tidur siang adalah waktu yang terbaik bagi Mama dan si kecil. Tidak hanya untuk memulihkan diri dari energi yang terbuang, tidur siang juga mampu meningkatkan mood si kecil dan memberikannya waktu tidur yang lebih baik di malam hari. Namun, Mama akan kesulitan untuk membiasakan anak tidur siang jika si batita tergolong sangat aktif. Ada beberapa hal yang Mama bisa lakukan untuk membiasakan anak tidur siang.

1. Cari waktu yang tepatKebutuhan tidur siang setiap anak berbeda. Secara umum, anak usia dua hingga tiga tahun membutuhkan waktu 2 jam untuk tidur siang. Sementara untuk usia satu hingga dua tahun biasanya memiliki dua waktu tidur, yakni di pagi hari dan siang hari. Untuk mengetahui waktu tidur siang si kecil, Mama hanya perlu memerhatikan kebiasaannya setiap hari. Sebagai permulaan, Mama tidak perlu memaksa si kecil tidur di waktu tertentu. Biarlah ia tidur ketika merasa mengantuk. Biasanya anak akan merasa lelah setelah 3 hingga 4 jam beraktivitas.

Baca juga: Perlukah Anak Tidur Siang? 

2. Persiapan yang singkatSebelum tidur, Mama mungkin punya banyak kebiasaan dengan si kecil seperti membacakan dongeng atau menemaninya minum susu. Lakukan persiapan yang sama saat ingin tidur siang. Hal ini akan membantu si kecil cepat untuk tidur. Jika di malam hari membutuhkan waktu 30 menit untuk persiapan sebelum tidur, buatlah persiapan tidur di siang hari lebih singkat, misalnya 15 menit saja. Persiapan yang menyenangkan akan membantu si kecil untuk tidur dengan nyaman dan tanpa paksaan.

3. Biarkan ia yang memilihBerikan kesempatan bagi si kecil untuk memilih tempat yang nyaman untuk tidur. Membiasakan batita untuk tidur siang membutuhkan kesabaran ekstra. Jangan pula memaksanya untuk tidur pulas seperti saat malam hari. Tidur siang bisa diisi dengan si kecil bersantai di tempat tidurnya karena sama-sama bertujuan membiarkan tubuh si kecil rileks.Baca juga: Pola Tidur Batita 

4. KonsistenSetelah mengetahui waktu yang tepat, Mama harus secara konsisten memberinya waktu tidur siang. Mama dan anggota keluarga yang lain juga perlu membantu batita tidur siang. Buatlah suasana rumah tenang dan nyaman di waktu tidur siang. Jangan sampai suasana yang gaduh merusak tidur siangnya.

Membiasakan anak tidur siang dapat Mama lakukan dengan bantuan kakak atau adik. Si kecil akan merasa nyaman jika ada orang lain yang menemani tidurnya. Ingatlah, manfaat tidur siang yang baik untuk pertumbuhan si kecil baik untuk perkembangan mental, kognitif hingga emosi mereka. (Niken/ What To Expect)