Amankan Eksplorasi Anak dari Sudut-sudut Tajam di Rumah

By Dini, Rabu, 2 Maret 2016 | 02:30 WIB
Amankan Eksplorasi Anak dari Sudut-sudut Tajam di Rumah (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mengasuh anak bayi dan batita memang menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Mama harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan stimulasi agar tumbuh kembangnya berjalan maksimal. Juga menghadapi si batita yang makin pintar berbicara dan membangkang ketika diminta membereskan mainannya. Ketika si adik mulai belajar merangkak dan kakak makin giat mengeksplorasi lingkungannya, Mama pun harus ekstra hati-hati. Karena saat itulah seringkali terjadi musibah kecil, seperti tersandung, terjepit pintu, hingga terbentur dinding.

"Anak balita itu memang berada dalam fase explorative age. Mereka senang merangkak atau jalan ke mana-mana. Padahal, di rumah banyak 'ranjau' yang tidak kita sadari. Tiba-tiba, mereka terjepit pintu. Tetapi kalau anak Anda sedang mengeksplorasi, jangan dilarang. Karena dari eksplorasi itulah mereka dapat knowledge. Kita bisa amankan dengan 3M Child Safety," ujar

Produk 3M Child Safety membantu agar eksplorasi anak berjalan mulus, dengan mengamankan sudut-sudut tajam pada perabotan di rumah. Mama bisa membeli berbagai aksesori pengaman untuk sudut meja atau pintu dari 3M, yang tersedia di jaringan toko Ace Hardware. Berikut beberapa di antaranya:

Edge GuardFase: Merangkak (6 bulan ke atas)Aksesori ini melindungi anak dari benturan atau teriris tepian yang tajam, seperti tepi meja. Aksesori ini terbuat dari bantalan busa yang lembut, dengan perekat yang dapat membuatnya menempel kuat di pinggiran meja. Bahannya tidak mengandung racun, dan bebas dari 19 macam logam berat. Panjangnya bervariasi, dari 60 cm, 1 m, dan 2 m.

Amankan Eksplorasi Anak dari Sudut-sudut Tajam di Rumah
Corner Guard Fase: Merangkak (6 bulan ke atas)Pengaman sudut meja ini terbuat dari bantalan busa yang lembut, melindungi anak dari sudut yang keras dan tajam. Menggunakan perekat agar mudah dipasang di sudut meja, lemari, tempat tidur, rak, dan lain sebagainya. Selain untuk melindungi anak dari benjol atau luka, Corner Guard juga bisa menghindari kerusakan ketika Mama ingin memindahkan meja ke tempat lain.
Amankan Eksplorasi Anak dari Sudut-sudut Tajam di Rumah
Finger Pinch Guard
Fase: Merangkak (6 bulan ke atas)

Bayi dan batita paling sering mengalami insiden terjepit pintu, karena mereka kalah cepat dari gerakan pintu yang menutup. Aksesori ini dipasang di pinggiran pintu agar pintu tidak benar-benar menutup ketika didorong atau dihempaskan. Mudah digunakan atau diselipkan di daun pintu, dengan bantuan perekat yang tersedia.

Amankan Eksplorasi Anak dari Sudut-sudut Tajam di Rumah
Door StopperFase: Merangkak (6 bulan ke atas)Seperti juga pintu lemari, pintu rumah yang tiba-tiba menutup atau terhempas tanpa sengaja, bisa membuat anak terjepit atau tersandung. Selipkan aksesori ini di celah bawah pintu lemari untuk membuatnya menutup tiba-tiba. Terbuat dari bahan yang lunak dan fleksibel sehingga tidak akan melukai anak.

Amankan Eksplorasi Anak dari Sudut-sudut Tajam di Rumah
Cabinet Locks Fase: Berjalan (1 tahun ke atas)

Anak-anak paling suka membuka-tutup pintu lemari, lalu mengeluarkan barang-barang yang ada di dalamnya. Aksesori ini menjadi semacam gerendel atau selot, yang fungsinya mencegah anak membuka-tutup pintu lemari khususnya yang menggunakan dua pintu. Menggunakan desain penguncian ganda yang sulit dibuka oleh anak-anak, namun terbuat dari bahan yang lunak.

 

Amankan Eksplorasi Anak dari Sudut-sudut Tajam di Rumah
Multi Purpose Locks Fase: Berjalan (1 tahun ke atas)

Seperti Cabinet Locks, aksesori ini digunakan untuk mengunci pintu sehingga anak tidak terjepit, sekaligus mencegahnya membuka-buka lemari. Bisa dipasang di sudut pintu lemari es, lemari satu pintu, laci, atau perabotan apa pun di rumah yang biasanya dibongkar oleh anak-anak. Aksesori ini juga menggunakan desain penguncian ganda, menggunakan perekat untuk menyatukannya.

Aksesori pengaman sudut tajam ini bersifat multifungsi, sehingga Mama bisa menggunakannya di mana saja. Kini Mama bisa membebaskan anak untuk bereksplorasi karena Mama sudah mengamankan sudut-sudut tajam di rumah.

(Dini) FOTO-FOTO: 3M